Kunjungi SMK Utama Al Jabal Nur, Pj Gubernur Minta Bantu Atasi Ketenaga-kerjaan

SAMBOJA – DALAM melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang beragam, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) tidak akan mungkin melaksanakannya sendiri. Perlu partisipasi serta keterlibatan seluruh pihak, seluruh pemangku kepentingan untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut.

“Salah satunya melalui penyelenggaran pendidikan di SMK seperti ini yang telah memiliki pendidikan vokasi dan pendidikan kejuruan, sehingga bisa membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan tenaga kerja dan lainnya,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik ketika mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Utama Al Jabal Nur di Kelurahan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (14/5/2024).

Dia juga meminta agar ada inovasi yang dilakukan sehingga memberikan nilai tambah atas produk yang dihasilkan oleh para siswa.

Inovasi itu sambung Akmal Malik, misalnya upaya hilirisasi pengolahan kembali bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang dapat langsung dikonsumsi dengan harga jual yang lebih baik.

Seperti produk rumput laut kering yang dikelola SMK Utama Al Jabal Nur, harusnya bisa kembali diolah menjadi produk-produk turunannya, sehingga memiliki nilai tambah ekonomi yang bisa memberikan dampak ekonomi lebih baik bagi sekolah.

“Rumput laut, nilai tambah ekonominya yang terpenting. Jangan hanya memproduksi bahan baku, tetapi melakukan hilirisasi produk yang memiliki value added tinggi, sehingga mampu meningkatkan perekonomian sekolah maupun masyarakat sekitar,” sebutnya.

 

Menurutnya, SMK ini potensinya bagus karena didukung luasan dan kontur lahan yang cukup baik sehingga bisa dikembangkan lebih lanjut menjadi sekolah alam.

“Kita sudah punya laboratorium kultur jaringan di Jalan Soekarno Hatta Km. 40 Loa Janan, Kutai Kartanegara. Saya mau ada anak-anak di sini yang belajar kultur jaringan di sana untuk mengembangkan teknik pertanian, khususnya melalui regenerasi sel tanaman melalui rekayasa genetik,” pungkas Akmal Malik.

Dalam kunjungan tersebut Akmal Malik disambut Ketua Yayasan Podok Pesantren Al Jabal Nur Ida Prahastuty yang menaungi SMK Al Jabal Nur, Hasanuddin selaku Kepala Sekolah serta jajaran tenaga pendidik serta tenaga kependidikan juga siswa-siswi.

Pada kesempatan itu pula Pj Gubernur Akmal Malik melakukan penanaman bibit pohon lengkeng di lahan sekolah sekaligus meninjau lokasi sekolah. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com