Luncurkan Aplikasi Perjadin, Andi Harun: Tidak Bisa Lagi Manipulasi

SAMARINDA – GUNA efektifitas dan efisiensi pelaksanaan tugas kedinasan, Pemerintah Kota (Samarinda) membuat inovasi berupa aplikasi Perjalanan Dinas (Perjadin). Aplikasi ini secara resmi diluncurkan oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun di Ballroom Hotel Harris, Samarinda, Senin (13/5/2024).

“Dalam rangka tatakelola keuangan yang baik dan benar, khususnya di sub sektor perjalanan dinas. Untuk itu hari ini kami launcing satu aplikasi untuk menjadi instrumen bagi perjalanan dinas seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda,” kata Wali Kota Andi Harun.

Tujuan diadakannya aplikasi ini jelas dia, untuk meminimalkan praktek tidak benar dalam pelaksanaan perjalanan dinas.

“Misalnya, tujuan tugasnya ke kota A ternyata dalam prakteknya pegawai tersebut berangkat ke kota B. Perjalanan dinas yang seharusnya dalam surat tugas dua hari, dilaksanakan hanya satu hari tetapi dalam SPJ (Surat Pertanggunjawaban) dibuat dua hari,” paparnya.

Nantinya tandas Andi Harun, dengan melalui aplikasi semua pelaksanaan tugas perjalanan dinas bisa ditraking (dilacak), sehingga dapat lebih cermat pengawasannya.

“Jadi tidak bisa lagi dilakukan manipulasi, karena ini berbasis real time (keadaan dan waktu yang sebenarnya). Kapan ia mulai perjalanan, kapan ia mulai masuk tempat penginapan bisa dipantau secara akurat dan faktual,” jelasnya.

Wali kota mengungkapkan, karena komponen perjalanan dinas itu, diantaranya adalah transportasi, baik darat maupun udara, kemudian tempat tujuan, lamanya perjalanan, tujuan perjalanan, semua terekam dalam aplikasi.

Andi Harun juga membeberkan bahwa instrumen dalam aplikasi tersebut terbilang canggih karena sudah berbasis GPS (Global Position System-Sistem Lacak Posisi).

Dia juga berharap dengan telah diluncurkannya aplikasi ini mampu mengurangi kecurangan yang biasa terjadi saat pejabat atau pegawai pada dinas tertentu melakukan tugas kedinasan ke luar daerah. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com