Pj Gubernur Akmal Malik: Banyak Birokrasi Belum Berjalan Maksimal

JAKARTA – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik melihat dan menilai, masih banyak kasus birokrasi selama ini belum berjalan maķsimal karena minimnya dukungan praktis dari perguruan tinggi.

Karena itu, dalam rangka mewujudkan birokrasi yang lebih efektif dan efisien, Pj Gubernur Akmal Malik memimpin Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk menjalin kerjasama pendidikan dengan kalangan perguruan tinggi.

Kerjasama kali ini ditandai dengan penandatanganan Memory of Understanding (MOU atau Naskah Kesepahaman) antara Universitas Nasional (Unas) Jakarta dengan Pemprov Kaltim, yang dilaksanakan di Menara Unas, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (16/5/2024). Penandatanganan dilakukan oleh Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik dan Rektor Unas El Amry Bermawi Putra.

“Kami tidak ingin sekedar MOU, setelah ini bisa langsung dilakukan PKS (Perjanjian Kerja Sama) riil,” tegas Akmal Malik.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam kerjasama ini, kata Akmal adalah tentang bagaimana memprediksi kultur metropolitan Kaltim di masa depan. “Butuh kajian komprehensip untuk mempelajari Kaltim di masa depan. Teman-teman Unas mohon bantu kami untuk kajian dampak sosial dari perpindahan ibu kota negara,” ucapnya.

Kondisi di mana Kaltim akan menjadi penyangga sekaligus mitra Ibu Kota Nusantara menurut Akmal Malik sangat perlu dilakukan kajian mendalam sebagai antisipasi bagi Kaltim untuk membangun daerahnya termasuk terhadap dampak perpindahan ibu kota negara.

“Kami ingin mengajak Unas sebagai orang pusat. Kami, Kaltim ingin belajar. Bagaimana menyiapkan bangunan sosial masyarakat yang baik di masa depan setelah adanya IKN,” harapnya.

 

Hal utama kaitan dengan bangunan sosial adalah Sumber Daya Manusia. Karena dengan manusia yang berkualitas, berkarakter dan berkeimanan yang baik maka bangunan sosial itu dengan sendirinya akan menjadi baik.

“Salah satu upaya Pemprov Kaltim dalam pembangunan sumber daya manusia ini adalah melalui beasiswa. Perhatian para pemimpin Kaltim sejak pak Awang hingga pak Isran terhadap kualitas sumber daya manusia ini sangat tinggi. Saya memberikan apresiasi kepada beliau-beliau,” pungkas Akmal Malik. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com