Pj Gubernur Kaltim Perintahkan Segera Kirim Bantuan ke Mahulu

SAMARINDA – PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) bergerak cepat melaksanakan tanggap darurat penanganan korban bencana banjir di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik memerintahkan jajarannya untuk mengambil langkah-langkah taktis, salah satunya mempercepat pengiriman bantuan bahan makanan pokok dan barang-barang kebutuhan sehari-hari lainnya. Akmal Malik minta agar bantuan sudah bisa dikirim mulai Kamis malam ini.

“Mulai malam ini sudah harus diberangkatkan. Kami berharap bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Mahakam Ulu. Saya harap masyarakat bersabar,” kata Akmal Malik, di Samarinda, Kamis (16/5/2024).

“Insya Allah mulai malam ini secara bertahap akan kita berangkatkan 6 ribu paket bantuan sembako,” sambung dia.

 

Pj Gubernur menjelaskan, bantuan disiapkan dengan kolaborasi Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan SAR Nasional dan organisasi lainnya.

“Saya sudah perintahkan Kepala Pelaksana BPBD untuk segera melakukan konsolidasi bantuan-bantuan ke Mahulu,” ungkapnya.

Selain sembako dan kebutuhan hidup sehari-hari juga akan dikirim obat-obatan dan alat kesehatan, serta perahu untuk membantu penyelamantan warga korban banjir.

“Saya minta posko segera dibuat dibanyak warga terdampak dan sekaligus untuk memonitor ketinggian air dari hulu sungai,” perintah Akmal Malik.

Walaupun diakuinya medan menuju Mahulu sangat berat, tetapi Pj Gubernur Kaltim itu tetap minta agar bantuan segera dihadirkan ke Mahulu.

Langkah cepat juga diambil dengan melaporkan kejadian bencana ini ke Kementerian Sosial RI, meminta tambahan logistik yang diperlukan untuk membantu korban bencana. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com