Polri dan Kepolisian Filipina Berhasil Tangkap Anggota Kartel Meksiko yang Diburu BNN

CEBU – Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menangkap gembong narkoba jaringan internasional, Fernando Tremendo Chimenea di Filipina. Kepala divisi (Kadiv) Hubinter Polri Inspektur jenderal (Irjen) Krishna Murti mengatakan penangkapan dilakukan usai Badan Narkotika Nasional (BNN) menerbitkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap Fernando.

“Iya benar (ditangkap). Saya bantu menangkap saja,” ujarnya saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Rabu (15/05/2024). Dalam keterangannya, Krishna mengatakan bahwa buronan BNN tersebut merupakan Warga Negara Australia yang selama ini berperan menyelundupkan narkoba ke wilayah Asia.

Ia menyebut penangkapan tersebut juga merupakan hasil kerja sama pihak kepolisian Indonesia dengan Filipina dalam rangka pemberantasan narkoba. “Berhasil menangkap Warna Negara (WN) Australia di Filipina pelaku jaringan Penyelundupan Narkoba di wilayah Asia. Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh counterpart internasional atas kerjasama yang baik selama ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Krishna mengatakan pihaknya bersama BNN juga masih berkomunikasi dengan otoritas kepolisian Filipina terkait rencana pengiriman pelaku ke Indonesia. “Sedang dikomunikasikan ke otoritas Philipina, dengan BNN juga kami komunikasi karena itu buronan BNN. Kami Polri hanya bantu tangkap saja bersama Polisi Philipina,” ujarnya.

Sementara itu dalam rekaman video yang dibagikan, Fernando terlihat memiliki perawakan tinggi, kulit putih, dengan tato di tangan dan kakinya. Dia juga memiliki rambut botak, memakai kaos putih dan celana jeans pendek.

Fernando ditangkap saat berada dalam sebuah mobil saat hendak masuk ke dalam salah satu rumah. Pihak kepolisian yang di lokasi langsung menodongkan pistol untuk menghentikan kendaraan. Tidak adanya perlawanan yang diberikan Fernando saat dipaksa menyerah oleh petugas kepolisian. Ia juga terlihat langsung turun dan diborgol sebelum selanjutnya diinterogasi oleh petugas. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com