263 Pembalap Berlaga Diajang Open Race Piala Gubernur Kaltim 2024

SAMARINDA – PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menggelar Open Race Piala Gubernur Kaltim 2024 di Sirkuit Non Pemanen Kompleks Gelora Kadrie Oening, Jalan KH Wahid Hasyim I, Samarinda, Sabtu (18/05/2024).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemprov Kaltim untuk mendukung perkembangan olahraga, khususnya balap motor di Kaltim.

Open Race Piala Gubernur 2024 digelar dengan menggunakan lintas balap sepanjang 1.000 meter dan lebar 10 meter. Adapun kelas yang dilombakan, diantaranya kelas pocket bike dengan rentang usia 10-12 tahun, menggunakan motor MiniGP 50cc.

Sementara untuk kelas dewasa, di antaranya kelas Eksibisi Sunmory Community, Non Prestasi, Pemula, Open dan Tambahan.

Adapun motor yang digunakan untuk balapan berstandar di Buku Peraturan Balap Motor Nasional IMI 2024 yakni motor menggunakan mesin karburator dan injeksi, serta ban motor produksi dalam negeri.

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik, diwakili oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Syirajuddin mengatakan, Open Road Race Piala Gubernur Kaltim 2024 bukan sekadar kompetisi, tetapi juga menjadi wadah bagi para pembalap muda dan berbakat, untuk menunjukan kemampuan terbaik mereka.

“Serta, menjadi kesempatan untuk mengasah keterampilan dan pengalaman dalam suasana yang sportif dan kompetitif,” katanya.

Lebih lanjut, Syirajuddin mengajak generasi milenial yang hobi balapan liar, dapat menyalurkan hobi mereka itu melalui balapan yang resmi.

“Saya yakin melalui kompetisi ini kita dapat menemukan bibit-bibit pembalap unggul, yang dapat membawa nama baik Kaltim ke kancah nasional maupun internasional,” ucapnya.

 

Sementara, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim Sri Wartini menambahkan, kegiatan Race Piala Gubernur 2024 ini menyasar kepada atlet-atlet balap motor yang tersebar di berbagai daerah di Kaltim.

“Acara ini dilaksanakan selama dua hari, 18-19 Mei 2024. Mudah-mudahan kita sebagai pemerintah, dapat memberikan wadah yang pas untuk atlet kita ini, bisa berlatih di wadah yang kita siapkan,” ucapnya.

Untuk jumlah pendaftar Race Piala Gubernur Kaltim 2024 ini berjumlah 263 pembalap dengan starter sebanyak 358 orang.

“Antusiasnya memang cukup tinggi, baik dewasa maupun anak-anak. Kami mengharapkan bahwa ini adalah momentum yang harus kita catat agar tahun depan masih dapat kita laksanakan,” pungkasnya. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com