Dibuka Bupati Kukar, Peringatan HKG PKK 2024 Dihelat Meriah di Tenggarong Seberang

TENGGARONG SEBERANG – PERINGATAN Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ke-52 tahun 2024 terselenggara dengan meriah di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten (Kukar), Rabu (22/05/2024) malam.

Dengan tema “Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Untuk Indonesia Maju”, acara HKG PKK di Tenggarong Seberang menampilkan berbagai berbagai kegiatan menarik. Salah satunya adalah pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi wadah bagi pelaku usaha lokal untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka.

Saat membuka HKG PKK ke-52, Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya berharap ada evaluasi yang baik dari kegiatan HKG yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Dia ingin optimaliasi peran PPK dengan baik, sehingga apa yang diharapkan dan disarankannya pada momen HKG sebelumnya dapat dituntaskan pada HKG kali ini.

“Saya berterima kasih kepada Camat Tenggarong Seberang, Ketua Tim PPK dan para kepala desa, sehingga agenda HKG pada hari ini berjalan dengan baik. Kata Gerak pada Hari Gerak PKK ini menjadi filosofi kita semua, terutama kader PPK,” katanya.

Sementara Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik kepala dinas, organisasi perangkat daerah, kepala desa, perusahaan, Koramil dan Kapolsek serta jajarannya yang telah ikut serta mensukseskan agenda Peringatan HKG ini.

“Terima kasih kepada semua pihak yang mensukseskan agenda HKG ini. Semoga peringatan HKG di Tenggarong Seberang kali ini lebih sukses dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Usai seremonial pembukaan, Bupati Kukar beserta undangan mengunjungi pameran UMKM yang diselenggarakan mengiringi kegiatan HKG PKK. Bupati mengunjungi stand-stand dari 20 kecamatan di Kukar yang menampilkan hasil karya dan produk UMKM masing-masing kecamatan.

Kegiatan malam pembukaan HKG juga dimeriahkan dengan pesta kembang api serta hiburan dari artis dan penyanyi di atas panggung.

 

Sementara saat dikonfirmasi beritaborneo.com, Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Tenggarong Seberang Yahdinal menyampaikan, Stadion Sepakbola Separo Desa Manunggal Jaya Tenggarong Seberang menjadi lokasi utama penyelenggaraan HKG PKK yang akan berlangsung selama empat hari, mulai pada Rabu hingga Sabtu, 22 – 24 Mei 2024.

Yahdinal menjelaskan jadwal HKG, pada Kamis (23/05/2024) akan diadakan Lomba Dasa Wisma, Lomba Penyuluhan Tertib Administrasi dan Lomba Fashion Show. Kemudian Jumat (24/05/2024) akan dilaksanakan Lomba Penyuluhan Pola Asuh Anak, Gerakan Gemar Membaca, Lomba Administrasi dan Produk UP2K PPK 20 Kecamatan dan Lomba Pentingnya Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan Upaya Deteksi Masalah Gizi pada Balita.

“Sore harinya, mulai pukul 14.30 Wita akan digelar senam sehat yang menjadi bagian dari rangkaian acara HKG PKK dan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Acara ini juga ada doorprize, berupa sepeda motor, sepeda listrik dan hadiah menarik lainnya,” papar Yahdinal.

Sementara lanjut dia, agenda Penutupan Malam Puncak Peringatan HKG ke-52 yang akan dimulai pada pukul 20.00. Acara ini menjadi malam seni dan hiburan bagi masyarakat, karena akan menampilkan beragam kesenian daerah dan mengundang artis ternama dari ibu kota.

“Malam penutupan HKG ke-52 juga akan ditandai dengan pembagian hadiah kepada pemenang lomba oleh Bupati Kukar,” pungkasnya. []

Penulis: Achmad Al Miftah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com