Akmal Malik Kagumi Eksotisme Waduk Samboja

SAMBOJA – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik menafaatkan waktu luangnya dengan berolahraga padling di Waduk Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (1/6/2024).

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI ini mengakui mengagumi Waduk Samboja yang dinilainya sangat eksotis dan jauh jika dibandingkan waduk lainnya.

“Luar biasa. Alami banget. Waduk ini harus dijaga,” tegasnya sambil mengagumi keasrian alam lingkungan sekitar waduk.

Diapun melihat bahwa landscape sangat bagus dengan lingkungannya yang masih bersih dan airnya juga tampak jernih.

Akmal Malik meyakini bahwa dirinya dan komunitas padlingnyalah yang pertama kali bermain padling di Waduk Samboja yang susana alamnya masih sangat asri ini.

Akmal Malik juga memberikan rekomendasi pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Regional Kalimantan agar bisa berkolaborasi dengan masyarakat setempat dalam pengelolaannya.

“Tolong masyarakat dilibatkan. Bagaimana komitmen antara pengelola dan masyarakat,” tandasnya.

Bahkan dia juga mempunyai rencana jika pada bulan Agustus mendatang akan dilaksanakan lomba padling tingkat nasional di Waduk Samboja ini.

“Awalnya (akan dilaksanakan) di Manggar. Tapi Waduk Samboja ini bagus juga buat lomba,” ucap Akmal Malik sambil berjanji akan membicarakannya kembali kepada panitia lomba.

Sebagai informasi, Waduk Samboja dibangun sejak tahun 1959 dan selanjutnya diselesaikan pada tahun 1979. Memiliki panjang 350 meter dengan lebar puncaknya mencapai 7 meter. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com