Jokowi Resmi Mulai Pembangunan Astra Biz Center dan Kebun Raya Nusantara di IKN

IBU KOTA NUSANTARA – Presiden Joko Widodo meresmikan peletakan baru pertama (groundbreaking) Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (04/06/2024).

“Pada sore hari ini saya senang bahwa dan mengapresiasi komitmen PT Astra Internasional untuk mendukung IKN dengan membangun Astra Biz Center,” kata Jokowi saat meresmikan dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

Kepala Negara menuturkan, Astra Biz Center adalah kompleks layanan terintegrasi (one stop service) di atas lahan seluas 3,4 hektare yang akan melayani 11 merek dari Grup Astra. Sementara itu, Nusantara Botanical Garden dibangun oleh konsorsium sejumlah perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih karena ini bukan urusan bisnis, ini urusan sosial. Karena dari CSR mereka, beliau-beliau ini mengeluarkan duit yang tidak sedikit,” kata Jokowi. “Saya enggak tahu berapa ratus miliar, saya ingin barangnya jadi sudah. Yang dikeluarkan berapa itu urusannya bapak-bapak semua yang tadi sudah disebut,” lanjut dia.

Jokowi menyebutkan, Nusantara Botanical Garden akan membuat IKN menjadi kota hijau (green city) hingga kota yang nyaman untuk ditinggali (liveable city). “(Dengan) Botanical Garden ini Nusantara sebagai kota yang green city, smart city, liveable city, lovable city, semuanya. Karena tanpa didukung, kita kehilangan warna. Kalau ini dilihat sebagai sebuah kota masa depan,” kata dia.

Hadir dalam peresmian, antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, hingga Ketua Konsorsium Nusantara Sugianto Kusuma atau Aguan dari Agung Sedayu Group. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com