KPU Kukar Nyatakan AYL-AZA Penuhi Syarat Dukungan, Siap Hadapi Verfak

KUTAI KARTANEGARA – Pasangan Bakal Calon (Balon) independen, Awang Yacoub Luthman (AYL) dan Ahmad Zais (AZA), berhasil melewati tahap verifikasi administrasi (vermin) dan akan melanjutkan ke verifikasi faktual (verfak). Mereka mengumpulkan 41.310 dukungan, melebihi syarat minimal yang ditetapkan.

KPU Kukar mengumumkan kelolosan AYL-AZA dalam rapat pleno terbuka Rekapitulasi Vermin Perbaikan Kesatu. Acara ini berlangsung di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong pada Selasa malam, 18 Juni 2024, dan mencakup dokumen syarat dukungan pasangan bakal calon perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kukar 2024.

Menurut Ketua KPU Kukar, Rudi Gunawan, dukungan yang diserahkan AYL-AZA sudah memenuhi syarat dan melebihi batas minimal yang ditetapkan, yakni 40.730 dukungan. Mereka juga memenuhi sebaran dukungan dari 20 kecamatan, melampaui persyaratan minimal 11 kecamatan di Kukar.

“Dengan hasil vermin perbaikan kesatu ini, pasangan calon AYL-AZA dinyatakan memenuhi syarat. Dengan jumlah surat dukungan 41.310 dan tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kukar,” jelas Rudi Gunawan.

Sebelumnya, pada 7 Juni, pasangan AYL-AZA telah menyerahkan 50.319 dukungan tambahan untuk memperbaiki syarat dukungan mereka yang baru mengumpulkan 9.067 surat dukungan Memenuhi Syarat (MS). Data tersebut kemudian diverifikasi ulang oleh KPU Kukar sejak 14-18 Juni 2024 untuk memastikan kesesuaian data dukungan bakal pasangan balon perseorangan.

Proses rekapitulasi vermin perbaikan kesatu mencakup penjumlahan dukungan MS pada vermin, serta dukungan yang MS, Belum Memenuhi Syarat (BMS), dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Dengan hasil ini, pasangan AYL-AZA dipastikan dapat melanjutkan ke tahap verfak yang akan berlangsung dari 21 Juni hingga 4 Juli 2024.

“Nanti setelah verfak kita akan rekapitulasi hasilnya dan akan kembali kami sampaikan di publik,” pungkas Rudi Gunawan. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com