Deni Sambut Baik Pemkot Samarinda Patenkan Batik Spirit Of Mahakam

PARLEMENTARIA SAMARINDA – SEBUAH karya seni batik yang terinspirasi dari Sungai Mahakam, gagasan Wali Kota Samarinda Andi Harun, akan segera dipatenkan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.

Batik yang diberi nama “Spirit of Mahakam” tak hanya indah dipandang tetapi juga mengandung filosofi yang mendalam tentang semangat dan identitas Samarinda.

Rencana Pemkot Samarinda itu mendapat dukungan dari Sekertaris Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Deni Hakim Anwar.

Menurut dia, keputusan Wali Kota Samarinda untuk mendaftarkan hak ciptanya dan akan dihibahkan jadi milik Pemkot Samarinda supaya dapat diperdagangkan adalah langkah yang tepat.

“Kami sangat mendukung untuk mendaftarkan hak paten Batik Samarinda dan nanti akan di komersialkan di tingkat ASN, kemudian di instansi swasta lainnya,” papar Deni kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya Lantai 4 Gedung DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Jumat (21/06/2024).

Dia menjelaskan, dengan ditetapkannya batik oleh  UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, sudah sewajarnya daerah memiliki batik yang coraknya indentik dengan daerah masing-masing. Dan kini saatnya Samarinda memiliki corak batik sendiri.

“Batik selama ini identik dengan Jawa. Di Pulau Jawa ada Batik Solo, Batik Sunda, dan Batik Yogyakarta. Kalau kita di Samarinda memiliki Batik khas Samarinda, ini suatu langkah kemajuan yang bagus,” ujar politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.

Dilanjutkan Deni,  jika ada wisatawan yang berkunjung ke Samarinda pasti sudah lazim untuk membawa oleh-oleh dari daerah yang mereka kunjungi. Dengan adanya Batik Samarinda nanti akan menambah keragaman suvenir dapat dibawa pulang ke daerah asalnya.

“Inovasi yang dilakukan Pemkot Samarinda untuk memiliki batik khas, nantinya akan menjadi cindera mata. Siapa pun yang datang ke Samarinda, selain menikmati kota, dia juga akan membawa oleh-oleh khas Samarinda,” kata Deni.

Ditambahkan Deni, Batik Spirit of Mahakam memiliki motif yang unik, memadukan gelombang air Sungai Mahakam yang mengalir deras, Pesut Mahakam yang ikonik, bunga anggrek hitam yang langka, melati yang harum, ukiran Dayak yang sarat makna, motif garis dari Sarung Samarinda yang khas akan menambah keragaman oleh-oleh asal Samarinda.

“Selama ini makanan amplang dan Sarung Samarinda menjadi oleh-oleh, mungkin dengan adanya Batik Samarinda nantinya kita akan terkenal lagi, dengan corak yang khas menggambarkan Samarinda atau corak Sungai Mahakam,” tutup wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Sambutan, Samarinda Ilir dan Samarinda Kota ini. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com