Napak Tilas SD Muhammadiyah 1 Tenggarong, Ukir Prestasi Akademik dan Non-Akademik

TENGGARONG – SEBAGAI salah satu lembaga pendidikan dasar swasta di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Tenggarong telah mengukir segudang prestasi. Baik akademik maupun non akademik.

Capaian prestasi tersebut ungkap Kepala SD Muhammadiyah 1 Tenggarong Arqam Kadir Lamahu, merupakan buah dari komitmen pihaknya untuk menjadikan sekolah tersebut sebagai lembaga pendidikan yang unggul dan berdaya saing.

“Dengan semangat untuk berinovasi dan berprestasi, kami berharap sekolah ini dapat mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas, berkarakter dan berahlak mulia,” kata Arqam ditemui beritaborneo.com di SD Muhammadiyah Tenggarong, Jalan Danau Aji No. 01, Melayu, Tenggarong, Senin (24/06/2024).

Dia kemudian membeberkan, tujuan awal berdirinya SD Muhammadiyah pada tahun 1991 itu adalah sebagai salah satu upaya untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan berbasis nilai-nilai Islam, khususnya di Tenggarong, Kabupaten Kukar, Provinsi Kalimantan Timur.

“Sekolah ini didirikan oleh para tokoh Muhammadiyah di Tenggarong, yang memiliki visi untuk menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia, berpengetahuan luas, dan memiliki keterampilan yang memadai,” katanya.

 

Pada awal berdirinya ungkap Arqam, SD Muhammadiyah 1 Tenggarong hanya memiliki beberapa ruang kelas sederhana dengan jumlah siswa yang terbatas. Namun, dengan dedikasi tinggi dari para guru dan dukungan penuh masyarakat serta organisasi Muhammadiyah, sekolah ini terus berkembang pesat.

“Seiring berjalannya waktu, fasilitas sekolah pun semakin lengkap dan modern. Seiring itu pula, SD Muhammadiyah 1 Tenggarong telah meraih berbagai pencapaian yang membanggakan,” tandasnya.

Arqam lalu menjelaskan sejumlah prestasi yang telah diraih sekolah yang dipimpinnya selama ini. Di bidang prestasi akademik, siswa-siswa SD Muhammadiyah 1 Tenggarong secara konsisten menunjukkan prestasi akademik yang gemilang, baik di tingkat lokal maupun nasional. Mereka kerap menjadi juara dalam berbagai olimpiade sains, matematika, dan bahasa Indonesia.

Sementara untuk pengembangan karakter, sekolah ini dikenal berhasil menanamkan nilai-nilai keislaman dan karakter mulia pada siswa-siswinya. Program-program seperti Tahfidz Al-Qur’an, pembelajaran adab, serta kegiatan ekstrakurikuler keagamaan menjadi bagian integral dari kurikulum.

“Kami juga memiliki gedung yang representatif, laboratorium komputer, perpustakaan, serta ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan teknologi pembelajaran terkini,” ungkapnya.

Untuk kerjasama dan kemitraan, sekolah ini aktif menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Termasuk pemerintah daerah, perusahaan swasta, dan organisasi non-pemerintah. Hal ini bertujuan guna mendukung kegiatan belajar mengajar serta pengembangan fasilitas sekolah.

Sedangkan pada pengembangan kegiatan ekstrakurikuler, SD Muhammadiyah 1 Tenggarong memiliki berbagai kegiatan. Seperti Pramuka, seni musik, tari, dan olahraga. Beberapa di antaranya bahkan telah menorehkan sejumlah prestasi yang mampu mengharumkan nama baik sekolah di berbagai kompetisi, tingkat kecamatan maupun kabupaten.

 

Melalui berbagai pencapaian tersebut, Arqam Kadir Lamahu menegaskan, SD Muhammadiyah 1 Tenggarong terus berkomitmen untuk menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berdaya saing tinggi.

“Dengan semangat untuk terus berinovasi dan berprestasi, kami berharap sekolah ini dapat mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas, berkarakter, dan berakhlak mulia,” pungkasnya. []

Penulis: Nur Rahma Puteri Aprilia | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com