PPDB 2024 Di Kaltim Berjalan Dengan Baik

PARLEMENTARIA KALTIM – MEMASUKI akhir pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat Tahun 2024, anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Salehuddin mengungkapkan, pelaksanaan PPDB telah berjalan dengan baik.

Untuk diketahui, pendaftaran PPDB tahap I telah dibuka dari tanggal 10-14 Juni 2024, mencakup jalur prestasi, dan afirmasi. Sementara pendaftaran tahap II untuk jalur zonasi umum dari 20-26 Juni 2024. Lalu untuk pengumuman hasil kelulusan di tahap pertama disampaikan pada 19 Juni 2024 serta tahap kedua diumumkan pada 28 Juni 2024.

“PPDB untuk jalur afirmasi dan prestasi sudah dilakukan pengumuman dan sampai saat ini hasil dari pengawasan kita tidak ada sesuatu yang terkendala. Mulai besok hari terakhir dibuka jalur zonasi,” kata Salehuddin, saat diwawancara awak media usai mengikuti rapat Paripurna ke-16 di di Gedung Utama Kompleks Perkantoran DPRD Kaltim Jalan Teuku Umar, Karang Paci, Samarinda, Selasa (25/06/2024).

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Kutai Kartanegara (Kukar) ini mengungkapkan, ada peningkatan signifikan dalam kuota jalur afirmasi yang kini mencapai 25 persen untuk lebih mengakomodir siswa dari kalangan ekonomi lemah dan siswa berkebutuhan khusus.

“Jalur afirmasi sudah kita sepakati, jadi dibanding dengan tahun 2023 untuk di 2024 itu jalur afirmasinya kita naikan dari 15 menjadi 25 persen, supaya mengakomodir anak yang kurang mampu dan berkebutuhan khusus sesuai data di Kaltim cukup tinggi,” ujar Saleh, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan itu Saleh berharap, proses penerimaan PPDB sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) dari Pusat untuk SMA/SMK/SLB/Skh negeri tahun ajaran 2024/2025 di Kabupaten/Kota dan ada dua Kota di Kaltim yang akan selalu disorot disebabkan jumlah kuota penerimaannya paling banyak.

“Harapannya berjalan sesuai dengan juknis yang sudah kita sepakati, baik dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota itu bisa dijalankan, terutama di daerah Samarinda dan Balikpapan,” tutup politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com