Pastikan Transparansi dan Keadilan, Disdikbud Kukar Terapkan PPDB Berbasis Online

TENGGARONG – FOKUS utama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 adalah memastikan transparansi dan keadilan dalam proses seleksi.

Mengimplementasikan hal tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menerapkan sistem PPDB berbasis online. Selain untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi proses seleksi, calon siswa juga memungkinkan untuk mendaftar dan memantau status pendaftaran setiap saat.

“Kami telah mengimplementasikan sistem berbasis online yang memungkinkan calon siswa untuk mendaftar dan memantau status pendaftaran mereka secara real-time. Ini tidak hanya mempermudah proses bagi para siswa dan orang tua, tetapi juga meningkatkan akuntabilitas kami,” jelas Kepala Seksi Penjamin Mutu SMP dan Kelembagaan Disdikbud Kukar Emy Rosana Saleh saat disambangi beritaborneo.com di ruang kerjanya, di Tenggarong, Selasa (02/07/2024).

Tak hanya itu, lanjut Emy, pihaknya juga meningkatkan pengawasan dan penjaminan mutu selama proses PPDB berlangsung.

“Kami bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pengawas independen, untuk memastikan bahwa semua prosedur diikuti sesuai dengan regulasi yang berlaku. Ini penting untuk mencegah praktik-praktik yang tidak sesuai dan menjaga integritas PPDB,” tambahnya.

Dia mengungkapkan, sebelum PPDB dilaksanakan, Disdikbud Kukar juga telah menggelar beragam kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dan pihak terkait mengeni prosedur dan persyaratan PPDB.

“Kami telah mengadakan beberapa sesi sosialisasi, baik secara daring maupun luring, untuk menjelaskan secara detail mengenai mekanisme PPDB. Termasuk jalur prestasi, afirmasi, dan zonasi. Ini diharapkan dapat membantu calon peserta didik dan orang tua dalam memahami proses dan mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan,” papar Emy.

Dia pun mengaku optimis, dengan semua persiapan dan peningkatan yang telah dilakukan, pelaksanaan PPDB tahun ini telah berjalan sesuai dengan harapan.

“Kami yakin, PPDB tahun ini berjalan lebih lancar dan transparan. Kami berharap dapat menyambut siswa-siswa baru yang berkualitas dan siap berprestasi di SMP kami,” pungkasnya. []

Penulis: Nur Rahma Puteri | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com