Pemdes Loh Sumber Berdayakan Pemuda dengan Bantuan Peralatan Usaha

KUTAI KARTANEGARA – Untuk mendorong kemandirian dan kreativitas pemuda, Pemerintah Desa (Pemdes) Loh Sumber, Kecamatan Loa Kuku, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), memberikan bantuan peralatan usaha di sektor perbengkelan, pencucian kendaraan, perikanan, dan peternakan.

Kepala Desa Loh Sumber, Sukirno, menjelaskan bahwa bantuan ini bertujuan untuk menginspirasi pemuda desa agar lebih mandiri dan kreatif, sekaligus membuka peluang pekerjaan bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan tetap. Selain itu, bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami berikan bantuan kepada kelompok pemuda agar mereka bisa beraktivitas. Intinya kami mencoba memberikan satu perhatian pada generasi muda,” ujar Sukirno, Selasa (04/06/2024). Jika program ini menunjukkan hasil yang positif, Sukirno mengatakan, Pemdes akan memperluas bantuan usaha tersebut ke sektor lain yang dinilai potensial dan menjanjikan. Tujuannya adalah untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja yang bermanfaat bagi masyarakat desa.

Sukirno juga menegaskan bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Purnama, milik Desa Loh Sumber, siap mendukung usaha program tersebut. BUMDes yang telah berhasil mengelola hilirisasi sektor pertanian dengan produk Beras Cap Tugu ini, akan membantu dalam hal pendanaan dan pelatihan.

Selain itu, BUMDes juga akan memberikan bantuan pada tahap pemasaran, agar usaha yang dikelola oleh pemuda tersebut memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. “Kita lihat dulu progresnya ke depan bagaimana, kalau progresnya sesuai harapan kita bersama, otomatis kita coba mengakomodir dari BUMDes,” tutup Sukirno. Dengan langkah ini, Pemdes Loh Sumber berharap dapat menciptakan pemuda yang lebih mandiri, kreatif, dan mampu berkontribusi dalam peningkatan ekonomi desa melalui berbagai sektor usaha. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com