Peduli Perkembangan Anak Usia Dini, Pemkab Kukar Gandeng Tonoto Foundation Dirikan Rumah Anak SIGAP

TENGGARONG  – PENGASUHAN anak usia dini yang tepat merupakan landasan untuk mencetak generasi bangsa Indonesia yang unggul. Berangkat dari kesadaran itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan dukungan penuh terhadap program edukatif bagi perkembangan anak usai dini.

Salah satunya dengan menggandeng Tonoto Foundation mendirikan Rumah Anak SIGAP. Program Rumah Anak SIGAP (Siapkan Generasi Anak Berprestasi) yang diprakarsi oleh Tanoto Foundation hadir sebagai solusi bagi peningkatan kualitas pengasuhan anak usia dini di Indonesia.

Program ini menargetkan keluarga dengan anak di bawah usia tiga tahun, mengingat masa usia 0-3 tahun adalah periode penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Didirikan dengan tujuan menyediakan ruang aman dan edukatif bagi anak-anak, Rumah Anak SIGAP berfokus pada pengembangan karakter, kreativitas, dan potensi setiap anak yang menjadi anggotanya.

Novita selaku Koordinator Program Rumah Anak SIGAP menjelaskan, Rumah Anak SIGAP ini merupakan rumah pertama yang ada di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Program SIGAP ini dari tahun 2021, latar belakang tercetus dari pak Edi Hendri di Jakarta,” katanya saat ditemui di Tenggarong, Rabu (10/07/2024).

“Awalnya Pemkab Kukar bekerja sama dengan Tanoto Foundation di program PINTAR, konsennya pada Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP),” jelas dia lagi.

Rumah Anak SIGAP tidak hanya berfungsi sebagai pusat pengasuhan, tetapi juga sebagai sumber informasi mengenai stimulasi psikososial, kesehatan, dan gizi bagi keluarga dengan anak batita.

Kehadiran Rumah Anak SIGAP Tenggarong menjadi bukti nyata komitmen Tanoto Foundation dalam memajukan pendidikan dan pengasuhan anak usia dini di Indonesia. Diharapkan kualitas pengasuhan anak-anak Indonesia dapat meningkat, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang berprestasi. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com