Deni Harap MPLS Bantu Peserta Didik Baru Beradaptasi

PARLEMENTARIA SAMARINDA – SEKRETARIS Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Deni Hakim Anwar berharap, para peserta didik baru setelah mengikuti Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) mampu beradaptasi dengan baik di sekolahnya.

Untuk diketahui, MPLS adalah kegiatan pertama bagi peserta didik baru di sekolah untuk pengenalan program, tata kelola, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

“Kami harapkan dengan kegiatan MPLS lebih menekankan kepada siswa dapat mandiri di sekolah tersebut, artinya MPLS sangat menunjang berjalannya pendidikan dan untuk saling mengenalkan satu dengan yang lainnya,” ujar Deni kepada awak media saat ditemui di Kantor DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Senin (15/07/2024).

Menurut Deni, MPLS untuk peserta didik baru di sekolah hampir sama dengan Masa Oreantasi Sekolah (MOS) pada kurikulum yang terdahulu. Hanya saja MPLS pada kurikulum Medeka belajar bertujuan untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang inklusif, berkebinekaan, aman, ramah anak dan nyaman bagi peserta didik.

“MPLS dengan metode kurikulum merdeka belajar sebenarnya tidak berbeda jauh, artinya MPLS ini guru dan para siswa didik yang baru saling mengenal juga mengenalkan di mana ruang belajar dan ruang perpustakaannya. Nantinya ketika mereka menjalani kegiatan belajar mereka sudah mengetahui tempat-tempatnya,” papar politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.

Dipastikan Deni, petunjuk teknis (Juknis) MPLS sekolah tahun ajaran 2024/2025 tidak mengatur perpeloncoan fisik, melainkan momentum yang menyenangkan bagi siswa baru. Di mana, kegiatan harus lebih fokus pada pencegahan kekerasan di lingkungan sekolah.

“Pastinya mereka akan menghindari yang namanya perpeloncoan, karena kegiatan ini pasti diawasi kepala sekolah dan guru. Apa lagi MPLS merupakan kegiatan pengenalan yang diisi dengan kegiatan positif dalam bentuk game,” tutup wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Sambutan, Samarinda ilir, dan Samarinda Kota ini. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com