Jokowi Perdana Ngantor di IKN, Ini Kata Anggota DPRD Samarinda

PARLEMENTARIA SAMARINDA – PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menjalankan hari pertamanya berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 29 Juli 2024 kemarin. Kegiatan orang nomor satu di Republik Indonesia itu mendapat tanggapan menarik dari anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Abdul Khairin.

Dia memberikan ucapan selamat, sehubungan telah berfungsinya Kantor Presiden Republik Indonesia (RI) yang baru. Sehingga Jokowi dapat melakukan pekerjaan selayaknya di Istana Merdeka Jakarta pada akhir bulan Juli 2024 lalu.

“Akhirnya tanggal 29 Juli kemarin, Jokowi mulai berkantor di IKN. Kami mengucapkan selamat atas berfungsinya Kantor Presiden Istana Garuda,” ujar Abdul Khairin kepada awak media di Kantor DPRD Samarinda, Jumat (02/08/2024).

Dia mengemukakan, Presiden terpilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2024, sebagai pengganti Jokowi  sempat mengatakan pemindahan Ibu Kota Negara akan memakan waktu yang cukup lama sehingga perlu mendapat dukungan dari seluruh rakyat Indonesia.

“Prabowo sendiri pernah menyampaikan pembangunan atau memindahkan ibukota kemungkinan perlu waktu sampai 30 tahun, artinya sebagai warga negara kita harus mendukung pemindahan ibukota Negara,” kata Khairin.

Rapat pertama Jokowi di IKN Nusantara juga diikuti para menteri yang melakukan rapat kerja bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Kamar Dagang Industri (Kadin) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Menteri juga sudah ikut berkantor untuk pertemuan dengan Hipmi dan Kadin daerah, mudah-mudahan dari pertemuan itu juga banyak hal yang bisa menjadi manfaat bagi masyarakat Kaltim,” tutur politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Dalam kesempatan itu Khairin berharap, berkantornya Jokowi di IKN menjadi awal yang baik hingga menuju pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 di IKN. Dia juga berharap, rampungnya IKN dapat menjadi peradaban baru bagi pusat pemerintahan Indonesia serta memberikan manfaat yang baik.

“Kami berharap agar poin positif ini bisa terus berkelanjutan dan 17 Agustus sesuai dengan target serta agar IKN betul-betul memberi dampak positif, khususnya bagi kita di Kota Samarinda,” tutup Khairin. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com