Inovasi Pendidikan: Disdikbud Kukar Susun MA Bersama 12 Kelompok Mapel

TENGGARONG – DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Komunitas Belajar Kukar Pintar Idaman (KBKPI) melaksanakan kegiatan penyusunan Modul Ajar (MA) yang dihadiri 12 kelompok Mata Pelajaran (Mapel).

Acara yang berlangsung dari tanggal 14 hingga 15 Agustus 2024 itu merupakan, upaya KBKPI dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan ketersediaan materi ajar yang mutakhir dan relevan.

Plt. Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Kukar Emy Rosana Saleh mengatakan, pihaknya tidak ingin membebani para guru dalam hal administrasi

“Disdikbud Kukar melalui tim KBKPI mengambil inisiatif agar seluruh modul ajar dari 12 mapel yang ada diambil alih oleh para tim penyusun MA yang terdiri dari perwakilan guru mapel di setiap sekolah,” kata Emy saat menutup acara tersebut di Aula Serbaguna Disdikbud Kukar, di Tenggarong, Kamis (15/08/2024).

Dia menjelaskan, setiap kelompok Mapel terdiri dari para ahli bidangnya masing-masing yang berkolaborasi dalam menyusun materi ajar yang sesuai dengan perkembangan terkini di bidang pendidikan.

“Proses kolaboratif ini diharapkan dapat menghasilkan modul ajar yang tidak hanya informatif tetapi juga aplikatif dalam mendukung proses belajar mengajar di lapangan.

 

Emy juga mengungkapkan, dalam menciptakan karya seni dan keunikan perangkat pembelajaran Disdikbud Kukar-lah salah satu kreatornya. Sebut saja dalam hal mendesain Modul Ajar.

“Modul Ajar yang tengah dikerjakan oleh tim mapel ini memiliki ciri khas yang beda dengan modul ajar pada umumnya, setelah ini bapak ibu di sekolah tinggal mendowload di situs @kukarpintaridaman.com dan siap digunakan,” terang Emy.

Peserta kegiatan menyambut positif upaya KBKPI dalam menggelar kegiatan ini sebagai wujud nyata dari komitmen untuk meningkatkan standar pendidikan di Kukar. Mereka berharap hasil dari kegiatan ini dapat segera tersedia dan bermanfaat bagi seluruh sekolah di seluruh Kabupaten Kukar. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com