Buka Pelatihan Kepemimpinan, Syirajudin: Attitude Nomor 1!

TENGGARONG – PELATIHAN Kepemimpinan di Aula Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (29/08/2024) pagi dihadiri ratusan peserta dan dibuka langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) M Syirajudin.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Dispora Kaltim, Kepala Dispora Kukar, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, dan analis kebijakan pengembangan pemuda Dispora Kaltim.

Acara yang dipenuhi oleh pemuda Kukar yang terdiri atas pelajar, dan pemuda pramuka itu dipesani oleh Syirajudin untuk mengedepankan akhlak atau attitude ketika selesai mengikuti pelatihan itu.

“Saya berpesan kepada peserta, sebelum menjadi pemimpin harus mempunyai attitude, akhlak yang baik karena itu adalah modal dasar ketika menjadi pemimpin, itu artinya siap menjadi tauladan,” ujar Syirajudin.

Syirajudin sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Dispora Kaltim ini dan mengucap pula terima kasihnya kepada Dispora Kukar yang telah memfasilitasi.

“Pesertanya cukup banyak dan kita berharap memang sangat penting sekali dalam artian kita menyiapkan pemimpin masa depan,” jelasnya.

Attitude katanya, adalah komponen penting yang harus dimiliki oleh para peserta sebagai calon pemimpin sebab dengan adanya IKN, ia berharap para pemuda inilah yang harus berkontribusi, bukan hanya menjadi penonton saja.

Selain daripada pelatihan kepemimpinan, ada juga organisasi kepemudaan dalam rangka mendorong berkembangnya organisasi pemuda.

“Bentuk dukungannya berupa penyelenggaraan kegiatan seminar secara rutin dan intens kemudian potensi pemuda di sini tidak hanya KNPI saja. Sehingga pemerintah dalam hal ini Dispora harus terus hadir mendorong dan mendukung,” katanya.

Sedangkan untuk kecakapan hidup, menurut Syirajudin juga penting. Mengingat di IKN banyak sekali ruang kerja, maka dari sejak dini harus disiapkan kecakapan hidup.

“Jangan berebut sekte pemerintahan saja, namun akan banyak sekali potensi perkembangan wirausaha di IKN maupun di Kukar nanti. Intinya apapun itu, terapkan prinsip attitude nomor 1!” tutupnya. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com