Cabor Atletik Jadi Prioritas Atlet NPC Kukar di Papernas 2024

TENGGARONG – SETELAH Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Medan diselenggarakan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan disibukkan dengan pembinaan atlet National Paralympic Committee (NPC) untuk Pekan Paralimpiade Nasional (Papernas) di Kota Solo, Jawa Tengah, pada 6 hingga 13 Oktober 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kukar Aji Ali Husni mengatakan, salah satu cabor yang akan dioptimalkan dalam Papernas ialah cabor atletik, seperti lari dan lintasan lainnya.

“Paling banyak diikuti adalah atletik, selain itu juga ada boli dan angkat berat,” jelas Aji Ali Husni ditemui beritaborneo.com usai acara pembukaan pelatihan kepemimpinan di Aula Dispora Kukar, Komplek Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Kamis (29/08/2024).

Kadispora Kukar ini menyebut, tidak hanya cabang olahraga itu saja yang rencananya akan diikutsertakan dalam Papernas, namun juga ada cabor renang dan catur. Hanya saja proporsinya tak sebanyak atletik.

Adapun soal pembinaan, Aji Ali menyebut saat ini pihaknya tengah bersiap untuk melakukan pembinaan atlet NPC untuk melakukan latihan di Training Center (TC).

“Kami mulai untuk melakukan pendampingan atlet secara rutin, memberi fasilitas latihan, menambah peralatan yang diperlukan untuk lomba,” ujarnya.

Selain hal tersebut di atas, dia juga mengatakan telah menyediakan fasilitas asrama atlet, sekretariat, dan pengurusan pemanggilan atlet peserta yang akan mengikuti perlombaan skala nasional ini, termasuk mengakomodir pembiayaan transportasi jika ddiperlukan.

“Kami berharap bahwa memang para atlet NPC ini selalu optimis dan berprestasi dalam bidang keolahragaan. Sebagai ajang motivasi mereka agar terus mengharumkan nama Kukar di nasional,” pungkas Aji Ali.

Untuk diketahui bahwa NPC adalah organisasi pembina atlet penyandang disabilitas yang dibentuk untuk memberi pembinaan, pelatihan, dukungan, serta fasilitas bagi atlet dalam mengikuti pertandingan olahraga. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com