Dispora Kaltim Targetkan 1000 Pemuda Ikuti Pelatihan Kepemimpinan

TENGGARONG – DINAS Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)menargetkan seribu pemuda untuk dapat mengikuti Pelatihan Kepemimpinan pada tahun 2024 ini.

Pelatihan tersebut menjadi agenda rutin yang digelar untuk fokus dalam melakukan pembinaan pemuda secara menyeluruh di seluruh Kabupaten Kota di Kalimantan Timur.

Analis Kebijakan Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rusmulyadi mengatakan, pelatihan kepemimpinan digelar di 10 kabupaten kota se-Kaltim.

“Saat ini sudah memasuki daerah ke-8 pelatihan kepemimpinan. Untuk dua daerah yang belum diselenggarakan adalah Kota Samarinda dan Paser,” ungkapnya ketika ditemui seusai acara pembukaan pelatihan kepemimpinan dilakukan di Aula Kantor Dispora Kukar, Kompleks Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Kamis (29/08/2024) pagi.

Rusmulyadi menjelaskan, pelatihan tersebut digiatkan agar pemuda mendapat hak mereka masing-masing dalam mengoptimalkan skill sebagaimana diharapkan.

“Totalnya ada seribu pemuda yang akan mendapat pelatihan kepemimpinan di Kaltim pada tahun 2024. Sedangkan di tahun 2025, akan ada 3 ribu pemuda yang direncanakan mendapat pelatihan,” jelasnya lebih lanjut.

Dispora Kaltim saat ini dalam rangka penyiapan pemuda menyongsong era ibu kota negara yang baru menetapkan bahwa melatih kesiapan pemuda adalah hal yang paling krusial dan perlu diperhatikan.

Rusmulyadi melanjutkan, pada tahun 2025 nanti akan ada inovasi baru dari Dispora Kaltim dalam menyiapkan pemuda, yakni tidak hanya berbentuk pelatihan saja, namun juga ada Binlat dan Pendidikan Kader Pemimpin Muda Daerah (PKPMD) untuk seleksi ke tingkat nasional. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com