Fasilitasi OKP, Usaha Kaltim untuk Tingkatkan Minat Pemuda Berorganisasi

TENGGARONG – PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim terus mengupayakan minat berorganisasi para pemuda.

Mewujudkan hal itu, kemudian timbullah gagasan fasilitasi Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Kaltim yang saat ini masuk dalam peringkat 5 Nasional.

Analis Kebijakan Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rusmulyadi mengungkapkan, saat ini Dispora Kaltim tengah mengupayakan tiga kegiatan guna mendorong prestasi dan perkembangan pemuda.

“Kami menggelar kegiatan pelatihan kecakapan hidup, pelatihan kepemimpinan, dan fasilitasi organisasi kepemudaan. Ketiga kegiatan ini akan kami rutinkan sehingga dampaknya baik untuk pemuda Kaltim,” bebernya ketika ditemui di Kantor Dispora Kukar, Kompleks Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Kamis (29/08/2024) pagi.

Menurutnya, kegiatan fasilitasi OKP ini cukup penting untuk dilakukan karena jumlah pemuda di Provinsi Kaltim mencapai 900 ribu orang, namun yang berorganisasi tidak mencapai 10 persen dari jumlah tersebut.

“Kami akan adakan fasilitasi ini di Kabupaten Kukar pada hari Sabtu nanti, sehingga bisa mendorong pemuda-pemuda ini mau berbicara dan berani rampl dalam sebuah organisasi,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut, kata Rusmulyadi kegiatan fasilitasi OKP ini juga dilakukan untuk mendukung pemuda Kaltim sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki daya saing dan daya juang yang tinggi untuk Benua Etam ke depannya.

“Intinya harus siap dulu pemuda Kaltim, terutama dalam pengoptimalan skillnya,” tegasnya kembali. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com