Kukar Jadi Mitra IKN, Ali Husni: Pemuda Ambil Bagian, Jangan Jadi Penonton Saja

TENGGARONG – KEPALA Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Aji Ali Husni meminta agar pemuda tidak hanya jadi penonton menyaksikan pembangunan dan perkembangan Ibu Kota Nusantara (IKN). Melainkan harus ikut ambil bagian menjadi pelaku di IKN.

Dia mengatakan, Kabupaten Kukar yang menjadi mitra dari ibu kota negara Indonesia yang baru kini tengah gencar-gencarnya mengoptimalkan potensi pemuda bersama Dispora Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Adapun beragam kegiatan yang diusahakan meliputi pelatihan kepemimpinan, pelatihan kecakapan hidup, serta fasilitasi organisasi kepemudaan.

“Kami meminta program dari pemerintah provinsi karena kami menganggap bahwa Kukar ini perlu dikeroyoki bersama dengan program-program pengembangan pemuda. Kukar ini adalah mitra dari IKN, tentunya kita mulai dari kepemimpinan serta kewirausahaan,” ungkap Aji Ali Husni ditemui beritaborneo.com, Kamis (29/08/2024).

Kadispora Kukar ini menjelaskan, jika hanya berharap dengan program-program dari Kukar saja, tentunya masih kurang. Sehingga Dispora Kukar perlu dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, khususnya di bidang kepemudaan dan olahraga terkait dengan penguatan-penguatan bidang kepemudaan.

Saat ini kata Aji Ali, Dispora Provinsi Kaltim telah memberi sejumlah bantuan pelatihan di Kukar guna menyiapkan pemuda berdaya saing kuat bersama IKN.

“Sejauh ini kita adalah bagian yang sama, namun yang membedakan hanya wilayah kerja. Alhamdulillah kita sudah bekerjasama baik dengan pihak Dispora Provinsi Kaltim,” jelasnya lagi.

Pada kesempatan tersebut, Aji Ali juga membeberksn sejumlah contoh kolaborasi yang sudah berhasil diselenggarakan di bidang kepemudaan.

“Kami memfasilitasi kawan-kawan provinsi. Kolaborasi program kami sudah sangat baik dan perlu ditingkatkan lagi dari segi menambah program lain. Ingat, kita harus jadi pelaku, bukan penonton,” tutupnya. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com