KBKPI Kukar Sukses Susun Paket Tryout AN untuk SD dan SMP

SAMARINDA – DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui tim Komunitas Belajar Kukar Pintar Idaman (KBKPI) baru-baru ini menyelesaikan penyusunan paket soal tryout untuk Asesmen Nasional bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Upaya tersebut merupakan bagian dari persiapan menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang akan dilaksanakan pada bulan September untuk jenjang SMP dan Oktober untuk jenjang SD.

Paket soal tryout dirancang guna memberikan simulasi dan latihan kepada siswa, untuk mempersiapkan mereka menghadapi asesmen yang merupakan evaluasi penting dalam sistem pendidikan. Dengan adanya paket soal ini, diharapkan siswa dapat lebih siap dan terbiasa dengan format soal serta materi yang akan diujikan.

Plt. Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Kukar Emy Rosana Saleh menjelaskan, penyusunan paket soal tryout itu bertujuan untuk memberikan simulasi yang mendekati kondisi ujian sebenarnya.

“Dengan adanya paket soal tryout ini, kami berharap siswa dapat lebih siap dan percaya diri saat menghadapi Asesmen Nasional. Soal-soal ini dirancang untuk mencerminkan tipe-tipe soal yang akan mereka hadapi serta untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi pelajaran,” ujarnya ditemui beritaborneo.com di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Minggu (1/09/2024).

 

Dalam penyusunan soal tryout Asesmen Nasional ungkap Emy, tim disarankan untuk merumuskan soal yang mengarah pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Hal itu dilakukan untuk menggali daya nalar dan kekritisan berpikir peserta didik.

Disdikbud Kukar mengimbau kepada seluruh sekolah untuk memanfaatkan paket soal tryout ini sebaik mungkin dan melakukan evaluasi hasil tryout untuk mengetahui area mana yang masih perlu perbaikan. Selain itu, diharapkan adanya peningkatan kualitas pendidikan di wilayah Kukar melalui persiapan yang matang ini. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com