Disdikbud Kukar Gelar Audisi Duta Tari, Ini Harapan Fuji Utomo

TENGGARONG – DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar audisi pemilihan Duta Tari sebagai bagian dari upaya melatih etika dan bakat tari anak-anak.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar Fuji Utomo menjelaskan, acara tersebut bertujuan menemukan dan mengembangkan calon duta tari yang tidak hanya memiliki kemampuan menari yang baik, tetapi juga memahami dan menerapkan etika dalam setiap penampilannya.

Audisi yang memasuki tahun kedua itu kata dia, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan apresiasi terhadap seni tari di kalangan generasi muda.

”Tahun kemarin Duta Tari Kukar di tingkat provinsi keluar sebagai Runner Up, dan saat ini audisi dilakukan beserta pemilihan duta tarinya. Harapannya agar menambah pengalaman mereka ketika nanti terpilih dan ikut serta kembali dalam ajang tingkat provinsi,” jelas Fuji Utomo kepada beritaborneo.com usai membuka acara Audisi pemilihan Duta Tari di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Tenggarong, Selasa (3/09/2024).

Dia berharap, tahun depan kegiatan tersebut dapat diagendakan lagi serta dapat menarik minat anak-anak muda, khususnya mahasiswa dan pelajar SMA untuk mengikuti audisi. Karena menurutnya, terkait dengan hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim), maka generasi muda perlu mempersiapkan diri dengan tetap menjaga warisan budaya lokal.

Fuji Utomo juga berharap, acara itu dapat menjadi wadah untuk menggali potensi dan bakat seni generasi muda. Sekaligus memperkuat identitas budaya di tengah perkembangan zaman.

“Dengan dukungan penuh dari Disdikbud Kukar, audisi ini akan menjadi langkah strategis dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya lokal, serta mempersiapkan generasi penerus yang siap berkontribusi dalam ajang-ajang kebudayaan, baik di tingkat provinsi maupun nasional,” pungkasnya. []

Penulis: Nur Rahma Putri Aprilia | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com