Perjalanan SMPN 10 Loa Kulu Jadi Sekolah Rujukan Google

LOA KULU – SEKOLAH Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Loa Kulu terus berbenah untuk menjadi sekolah rujukan Google. Langkah yang tidak mudah dan memerlukan upaya keras dari para pendidik di sekolah tersebut.

Menurut Kepala SMPN 10 Loa Kulu Isnaini Fidhiatil Ulla, proses tersebut dimulai dengan mengikuti serangkaian pelatihan yang diadakan oleh Google, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Dia mengungkapkan, pelatihan pertama yang dilaksanakan adalah Google for Education Certified Educator Level 1 (GCE L1). Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Grand Fatma dan diikuti para pengajar dari berbagai sekolah itu bertujuan mengenalkan berbagai alat dan produk Google Workspace for Education kepada para pendidik.

“Setelah pelatihan, peserta diharuskan mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikat GCE L1. Dari SMPN 10 Loa Kulu, Kepala Sekolah dan 13 guru berhasil lulus dan mendapatkan sertifikat tersebut,” beber Isnaini kepada beritaborneo.com  di ruang kerjanya, SMP N 10 Loa Kulu, Jalan Pendidikan, Desa Rempangan, Loa Kulu, Rabu (4/09/2024).

Langkah selanjutnya masih kata dia, adalah pelatihan Google for Education Certified Educator Level 2 (GCE L2), yang dilaksanakan di SMPN 1 Tenggarong. Pelatihan tersebut dirancang untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan alat-alat Google Workspace for Education.

“Hasilnya, tujuh guru beserta Kepala SMPN 10 Loa Kulu berhasil mendapatkan sertifikat GCE L2,” ujarnya lagi.

 

Tahap terakhir lanjut Isnaini, adalah pelatihan untuk mendapatkan sertifikat Penilaian Keterampilan Pelatih (Trainer Skill Assessment/TSA). “Awalnya, hanya satu guru yang mengikuti pelatihan ini, namun kemudian dua guru tambahan diikutsertakan, sehingga total tiga guru dari SMPN 10 Loa Kulu berhasil meraih sertifikat TSA,” katanya.

“Setelah diterapkan di sekolah, pembelajaran secara digital, administrasi seperti jurnal guru menjadi lebih mudah dan rapih. Siswa-siswi pun lebih antusias dalam belajar,” terang Isnaini.

Dengan pencapaian ini, SMPN 10 Loa Kulu semakin dekat untuk menjadi sekolah rujukan Google, sebuah status yang akan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut dan memberikan manfaat besar bagi siswa dan tenaga pendidiknya. []

Penulis: Nur Rahma Putri Aprilia | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com