MGMP PPKn Kukar Gelar Bimtek Penguatan Pendidikan Pancasila

TENGGARONG – MUSYAWARAH Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertema “Penguatan Pendidikan Karakter Pancasila Melalui Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka”.

Acara yang diselenggarakan di Aula Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tenggarong, Minggu (8/9/2024) dihadiri para guru PPKn dari berbagai SMP di wilayah Kukar.

Bimtek tersebut bertujuan memperkuat pemahaman para guru mengenai integrasi nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran, sejalan dengan penerapan Kurikulum Merdeka yang menekankan pendidikan karakter dan kemandirian peserta didik.

Dalam sambutannya, Ketua MGMP PPKn Kukar Zainuddin menyampaikan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman para guru PPKn dalam mengajarkan materi Pancasila dan Kewarganegaraan di tengah dinamika sosial dan perubahan zaman.

“Sebagai guru PPKn, kita memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan kesadaran berbangsa dan bernegara di kalangan siswa. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan kita agar dapat menyampaikan materi dengan lebih efektif dan relevan,” paparnya.

 

Kegiatan itu juga menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang pendidikan karakter dan kurikulum, yang memberikan materi terkait penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Sesi diskusi dan tanya jawab berlangsung dengan antusias, menunjukkan semangat para guru untuk terus mengembangkan kompetensi mereka dalam mendidik generasi penerus bangsa.

Melalui Bimtek tersebut, MGMP PPKn Kukar berharap guru-guru dapat membawa perubahan positif di sekolah masing-masing. Terutama dalam membentuk karakter siswa yang berlandaskan Pancasila sesuai dengan tantangan zaman. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com