Buka Bimtek Aplikasi Rupabumi, Pj Bupati PPU Tekankan Pentingnya Adaptasi

BALIKPAPAN – PENJABAT (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang aplikasi Rupabumi dan pencegahan konflik sengketa lahan se-Kecamatan Sepaku Tahun 2024 di Hotel Grand Senyiur, Balikpapan, Rabu (11/9/2024).

Bimtek tersebut diselenggarakan mulai 10 sampai 13 September 2024, diikuti 38 peserta dari unsur Kepala Desa (Kades), Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem), Kepala Dusun (Kadus)dan perangkat desa lainnya se-Kecamatan Sepaku.

Makmur Marbun dalam sambutannya mengatakan, bimbingan teknis aplikasi Rupabumi merupakan kegiatan yang sangat penting dan strategis, terutama dalam upaya meningkatkan pemahaman dan kemampuan teknis dalam pengelolaan data dan informasi geospasial.

Menurutnya, informasi dari geospasial sangat vital dalam perencanaan pembangunan, penataan ruang, mitigasi bencana, serta sektor-sektor lain yang membutuhkan pemetaan dan analisis spasial.

“Saya menyadari bahwa perkembangan teknologi informasi dan geospasial yang begitu pesat menuntut kita untuk terus belajar dan beradaptasi,” ucap Markmur Marbun.

Dia berharap, para peserta memanfaatkan informasi yang diperoleh dari bimtek tersebut dan mengoptimalkan potensi daerah serta meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat di Kabupaten PPU, khususnya wilayah Kecamatan Sepaku.

“Optimalkan waktu bimtek ini. Jika saudara ragu atau masih kurang mengerti sebaiknya tanyakan kepada narasumber yang memberikan materi,” jelas Marbun.

Pj Bupati PPU juga menekankan pentingnya adaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan geospasial yang pesat. Dia berharap melalui Bimtek ini, para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam pemanfaatan teknologi geospasial.

“Dengan demikian, kita dapat mengoptimalkan potensi daerah kita dan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat,” tuturnya.

 

Hadir dalam kegiatan ini Camat Sepaku Abimanyu, Direktur Eksekutif Saoraja Institute Indonesia dan Kasi Datun Kejaksaan Negeri PPU serta sejumlah pejabat terkait lainnya. [] (ADV/diskominfoppu)

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com