Ketua Dekranasda PPU Dampingi Kunjungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo Tinjau Berbagai Kerajinan

BALIKPAPAN – KETUA Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Linda Romauli Siregar hadir sekaligus mendampingi rangkaian kunjungan kerja Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan jajaran Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja Indonesia Maju (OASE KIM) meninjau sejumlah hasil kerajinan dan kreasi Dekranasda se-Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Kota Balikpapan, Rabu, (11/9/2024)

Rangkaian kegiatan kunjungan ibu negara beserta jajaran OASE KIM itu dilaksanakan mulai tanggal 11 hingga 13 September 2024 di Provinsi Kaltim. Salah satunya menghadiri pameran produk lokal binaan Dekranasda yang ada di Kaltim.

Dalam kegiatan tersebut, tercatat tujuh dari sepuluh kabupaten/kota turut berpartisipasi dalam pameran produk lokal dengan tujuan memperkenalkan ciri khas dari daerah masing-masing. Produk yang dipamerkan antara lain, kain batik, manik batu, hingga pembuatan produk kriya, dan jajanan khas daerah.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dekranasda PPU Linda Romauli Siregar juga turut andil memperkenalkan produk unggulan karya para pengrajin asal PPU kepada rombongan ibu negara dan jajaran OASE KIM. Seperti batik rusa, batik rusarouli, peralatan makan dari kayu ulin, pot bunga anggrek dari sabut kelapa, serta perhiasan lainnya terbuat dari manik-manik.

“Produk yang beraneka ragam ini menggambarkan bahwa karya pengrajin harus dikembangkan dan kita harus bangga dengan produk-produk lokal yang kaya dengan nilai budaya,” terang Linda di sela-sela kegiatan ini.

 

 

Linda menambahkan, Kabupaten PPU memiliki keanekaragaman kerajinan yang sangat menarik yang sebagian besar dikelola oleh masyarakat lokal.

Salah satu contoh adalah produk pengelolaan sabut kelapa yang berada di wilayah Tanjung Jumlai, Kecamatan Penajam. Menurutnya, kerajinan olahan sabut kelapa tersebut dapat digunakan menjadi berbagai kerajinan yang menarik dan bernilai okonomi, seperti tas, sapu, sepatu, pot bunga dan sebagainya.

“Potensi daerah ini harus terus kita suport agar dapat semakin berkembang dan membawa nama daerah,” ujar Linda yang merupakan istri Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun ini.

Turut hadir dalam rangkaian kunjungan tersebut Ketua Dekranasda se-Kaltim, antara lain Ketua Dekranasda PPU, Paser, Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau, Kutai Barat, dan Ketua Dekranasda Kaltim, IBN dan Jajaran OASE KIM. [] (ADV/diskominfoppu)

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com