Lomba Tingkat Paud, Kembangkan Bakat Anak Usia Dini

TENGGARONG – DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan perhatian khusus pada pengembangan potensi anak-anak usia dini melalui Kegiatan Apresiasi Lomba Bakat Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong, dari tanggal 11-12 September 2024 itu tidak hanya berfokus pada kompetisi, tetapi juga pengembangan bakat yang dimiliki setiap anak.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar Puji Utomo mewakili Kepala Bidang Paud, dalam sambutannya menekankan pentingnya memberikan ruang dan dukungan bagi anak-anak usia dini agar mereka dapat mengembangkan potensi sejak dini.

Menurutnya, kegiatan seperti ini bukan hanya tentang lomba, tetapi juga langkah awal dalam membentuk bakat, keterampilan, dan kepercayaan diri anak.

“Memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menunjukkan bakat mereka pada usia dini akan membentuk dasar yang kuat bagi perkembangan diri mereka di masa depan. Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mendidik anak-anak agar lebih percaya diri dan terampil dalam mengekspresikan diri,” tuturnya kepada beritaborneo.com, Rabu (11/09/2024).

 

Di era saat ini menurut dia, pengembangan potensi anak usia dini semakin diakui sebagai salah satu langkah penting dalam membangun generasi yang unggul. Melalui lomba-lomba seperti menggambar, bernyanyi, bercerita, hingga senam kelompok, anak-anak diberikan kesempatan untuk mengasah kreativitas, kecerdasan emosional, dan keterampilan sosial.

Ketua Panitia Doni Zul Hidayat menambahkan, kegiatan tersebut berhasil menarik antusiasme 18 dari 20 kecamatan di Kukar dengan total 76 peserta. Setiap cabang lomba dirancang untuk memberikan ruang bagi anak-anak guna bereksplorasi dan menunjukkan bakat alami mereka.

“Kami ingin menciptakan suasana yang menyenangkan dan mendukung bagi anak-anak untuk belajar berkompetisi secara sehat. Dengan demikian, mereka bisa mengembangkan bakat tanpa tekanan, tetapi dengan dorongan yang positif,” ucapnya.

 

Dia mengungkapkan, kegiatan tersebut sudah memasuki dua tahun pelaksanaannya. Ke depan, acara semacam ini akan terus menjadi wadah untuk menggali kreativitas dan kemampuan anak-anak, memberikan mereka pijakan awal menuju masa depan yang gemilang.

“Diharapkan anak-anak usia dini dapat terus mengembangkan bakat dan potensi mereka,” tutupnya. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com