Pembukaan Ceremonial Pelas Adat Erau, Maju di Tanggal 21 September 2024

TENGGARONG – DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang Kebudayaan mengumumkan adanya perubahan jadwal pelaksanaan pembukaan ceremonial acara tradisional Erau ke tanggal 21 September 2024

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar Puji Utomo menuturkan, perencanaan acara tersebut dijadwalkan pada 22 September 2024, namun kemudian dimajukan menjadi 21 September 2024.

“Tanggal 22 adalah penetapan calon, dan tanggal 23 adalah pengambilan nomor urut, jadi kami memajukan acara Erau ke 21 September,” ucapnya di Grand Elty Singgasana Tenggarong, Rabu (11/09/2024).

Erau bukan sekadar acara budaya biasa di Kukar. Sebagai salah satu warisan budaya tak benda yang diakui secara nasional, Erau memiliki makna spiritual dan sosial yang mendalam bagi masyarakat setempat.

Tradisi ini bukan hanya tentang perayaan, tetapi juga tentang menjaga keharmonisan antara manusia dan alam, serta memohon berkah kepada Sang Pencipta untuk kesejahteraan dan kemakmuran daerah.

Lebih lanjut, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pelaksanaan Erau Awang Rifani menambahkan, perubahan tersebut dilakukan untuk menghindari bentrokan dengan agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung pada 22-23 September 2024.

“Kami khawatir adanya penumpukan massa yang dapat mengganggu keamanan, sehingga kepala bidang kebudayaan memutuskan untuk memajukan acara erau,” jelasnya kepada awak media di Kantor Disdikbud Kukar Tenggarong, Kamis (12/09/2024).

Dengan adanya perubahan jadwal itu, Disdikbud Kukar berupaya menjaga agar esensi dari acara tersebut tetap utuh tanpa mengurangi semangat dan antusiasme masyarakat yang sudah menunggu perayaan ini setiap tahunnya.

“Kami berharap perubahan ini tidak mengurangi semangat masyarakat untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Erau. Justru ini adalah upaya kami untuk memastikan semua pihak bisa menikmati acara dengan aman dan nyaman,” tambahnya

Ia juga menyebutkan acara Erau tahun ini, tetap sama seperti tahun sebelumnya dimana pembukaan ceremonial akan berlangsung di Stadion Rondong Demang pukul 08.00 – 12.00 Wita.

Meski pelaksanaan pembukaan ceremonial dimajukan pada tanggal 21, namun tradisi belimbur tetap akan dilaksanakan pada hari Minggu, 29 September, dan acara merebahkan tiang ayu dijadwalkan pada Senin, 30 September 2024.[]

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com