DPRD Samarinda Dukung 10 Ribu Jargas Baru untuk 2 Kelurahan

PARLEMENTARIA SAMARINDA – WAKIL rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Sambutan, Samarinda Kota dan Samarinda Ilir Deni Hakim Anwar mendukung langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda yang telah membuat kesepakatan dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait penambahan 10 ribu jaringan gas (Jargas) rumah tangga baru untuk Kelurahan Sambutan dan Sidomulyo.

“Ini melanjutkan dari program sebelumnya dengan tujuan untuk menekan angka bencana yang disebabkan oleh tabung gas makannya di pasang jaringan pipa gas dan ini menjadi suatu program yang bagus di inisiasi oleh Pemerintah,” kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda ini kepada beritaborneo.com melalui sambungan telpon pada Jumat (13/09/2024).

Untuk diketahui, mulai tahun 2025 dipastikan ada penambahan 10 ribu jaringan gas rumah tangga baru di Samarinda, hasil rapat Pemkot Samarinda bersama Kementerian ESDM Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi pada Senin (02/09/2024) lalu.

Penambahan jaringan gas itu merupakan bagian dari upaya nasional untuk meningkatkan akses energi bersih dan terjangkau di berbagai kota. Kelurahan Sambutan dan Sidomulyo sebagai prioritas penerima jaringan gas baru di Kota Samarinda.

Dia melanjutkan, dengan adanya penambahan 10 ribu jaringan gas rumah tangga baru yang akan dikerjakan tahun depan, tentunya dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan tabung gas 3 kg bersubsidi yang sering terjadi kelangkaan.

“Kelangkaan gas 3 kg dapat meninbulkan kebingungan di dalam masyarakat dan harganya melambung tinggi, dengan adanya pipanisasi gas akan membantu masyarakat untuk mampu menekan angka kelangkaan itu,” ujar Deni, sapaan akrabnya ini.

Deni berharap, wilayah pemasangan jaringan gas rumah tangga baru tidak terhenti pada dua Kelurahan tersebut tetapi harus berlanjut untuk Kelurahan yang lain sehingga kebutuhan energi masyarakat dapat lebih mudah dipenuhi yang tidak lagi perlu membeli tabung gas elpiji.

“Kami harapkan 10 ribu pemasangan baru program ini tidak hanya sampai pada dua Kelurahan Sidomulyo dan Sambutan saja, tetapi juga diberikan kepada Kelurahan lainnya supaya semua disupport pemerintah pusat,” tutup politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com