Jadi Contoh Daerah Lain, Menko PMK Launching SLP di PPU

PENAJAM – MENTERI Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) launching Sekolah Laboratorium Pancasila.

Kegiatan yang digelar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 013, Desa Girimukti, Kecamatan Penajam, Jumat, (13/9/2024) tersebut menandai penerapan program Sekolah Laboratorium Pancasila (SLP) di 28 sekolah di PPU, terdiri dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menko PMK Muhadjir mengapresiasi kerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU dengan Yayasan Pendidikan Sekolah Laboratorium Pancasila, yang bertujuan menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada para siswa.

“Penanaman nilai-nilai Pancasila sangat penting, terutama bagi PPU sebagai daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). PPU akan menjadi contoh bagi daerah lain dalam penerapan pendidikan karakter berdasarkan pancasila,” ujar Muhadjir dalam sambutannya.

SLP di PPU sambung dia, diharapkan mampu memperkuat pembentukan karakter siswa agar memiliki daya saing tinggi, sejalan dengan persiapan Kabupaten PPU dalam menyambut IKN. Muhadjir juga menekankan pentingnya mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dari sisi keterampilan dan karakter untuk mendukung pembangunan IKN.

“Kita berada di bagian dari kemajuan IKN Nusantara. Oleh karena itu peningkatan SDM wajib kita lakukan,” ujarnya.

Sementara Sekda PPU Tohar menegaskan, penyiapan SDM unggul merupakan tantangan besar yang perlu didukung oleh infrastruktur pendidikan yang memadai. Ia meminta dukungan dari pemerintah pusat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di PPU.

“Menyiapkan SDM yang kompetitif untuk menyongsong Ibu Kota Nusantara adalah tanggung jawab kita bersama. Pemerintah daerah membutuhkan kolaborasi dengan pemerintah pusat untuk meningkatkan infrastruktur pendidikan di wilayah Benuo Taka,” kata Tohar.

 

Tohar juga berharap, penerapan program Sekolah Laboratorium Pancasila akan menjadi momentum penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di PPU, sekaligus menyiapkan generasi muda yang berkarakter dan siap berkontribusi dalam pembangunan IKN. [] (ADV/diskominfo/ppu)

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com