Gagas Program Bantuan Sapras, Pj Bupati Sebut Ponpes Berperan Besar Dalam Pembangunan SDM

PENAJAM – BERANGKAT dari kunjungannya ke sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) selama dirinya menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati PPU, Makmur Marbun menilai program pendidikan tidak hanya diperuntukan bagi sekolah umum, tetapi juga sekolah keagamaan, seperti halnya ponpes.

Demikian disampaikan Pj Bupati PPU Makmur Marbun saat memberikan arahan terkait bantuan Program Sarana Prasarana (Sapras) tahun 2024 kepada sejumlah pondok pesantren di Kabupaten PPU. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Bupati PPU, Penajam, Selasa (17/09/2024) sore.

“Pendidikan pesantren ini penting, bahkan anak-anak bangsa punya masa depan yang sama tidak hanya pada sekolah umum, tetapi kita wajib memberikan perhatian, seperti bantuan sapras untuk mendukung kebutuhan anak-anak di ponpes,” ucap Marbun.

Dari data yang ada dia mengungkapkan, ternyata banyak ponpes di PPU yang masih belum tersentuh sarana dan prasana yang baik. Hal itu katanya, turut jadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU.

“Bantuan sapras yang pernah saya janjikan dalam program pemerintah daerah tetap masuk dalam program yang saat ini sedang menunggu penyelesaiaan pihak terkait dan segera didistribusikan,” terangnya.

Marbun juga menjelaskan, meski jelang kepemimpinannya sebagai Pj Bupati PPU akan berkahir, program bantuan pada pesantren tetap terealisasi. Bahkan dirinya telah menitipkan kepada dinas terkait, yaitu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) agar dalam beberapa bulan ke depan dapat didistribusikan jika pengerjaan pada pihak ketiga selesai.

“Kepada 12 podok pesantren yang akan menerima bantuan sarana dan prasaran pesantren, kiranya nanti dapat merawat dan menjaga terkait pemenuhan sapras. Inilah komitmen pemerintah derah hadir bukan hanya pada sekolah umum tetapi juga pondok pesantren,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Marbun juga menyampaikan pesan penting terkait pencapaian yang diberikan dan dilakukan dalam setiap program kerja di Pemkab PPU agar tetap dijaga dan harus dipertahankan, bahkan ke depan harus lebih maju.

“Saya mohon titip, apa yang sudah kita lakukan bersama di Kabupaten PPU terus dipertahankan, bahkan harus lebih maju. Kemajuan Kabupaten PPU hari ini harus kita jaga bersama. Tak terkecuali dalam meningkatkan sektor pendidikan yang menjadi tonggak utama pembangunan SDM di Kabupaten PPU,” pungkasnya.

Sementara Kepala Disdikpora PPU Andi Singkerru mengatakan, program bantuan sapras gagasan Pj Bupati PPU Makmur Marbun akan segera direalisasikan untuk sejumlah pondok pesantren yang telah ditinjau langsung oleh Pj Bupati PPU.

“Bantuan Sapras kepada pondok pesantren sudah dalam kontrak pihak ketiga dan dalam proses penyelesaian setelah itu langsung di distribusikan,” ujarnya.

 

Tidak hanya sapras dalam sejumlah kebutuhan belajar, penyaluran Penerangan Jalanan Umum (PJU) dan bantuan olahraga akan disalurkan dan tetap dimasukan dalam penganggram berikutnya

“Ini adalah wujud komitmen pemerintah daerah, kepemimpinan Pj Bupati PPU dalam penyaluran bantuan kepada sekolah keagamaan pada pondok pesantren segera direalisasikan langsung dan menjadi tugas mulia kita bersama dalam dunia pendidikan agama,” tuturnya.

“Tentunya program kepada sektor pendidikan ini bukan saja ditujukan pada sekolah umum tetapi sekolah keagamaan pun turut menjadi perhatian langsung dan semua anggarannya bersumber dari APBD Kabupaten PPU,” tutupnya. [] (ADV/diskominfoppu).

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com