KPU PPU Gelar Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada 2024, Ini Harapan Tohar

PENAJAM – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut serta Deklarasi Kampanye Damai bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati PPU dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024.

Acara yang berlangsung di halaman Kantor KPU PPU, di Penajam, Senin, (23/09/2024), dihadiri oleh seluruh pasangan calon, partai pengusung, serta pejabat penting daerah.

Rapat pleno dibuka secara resmi oleh Ketua KPU PPU Ali Yamin Ishak yang menekankan pentingnya acara ini sebagai salah satu tahapan kunci dalam pelaksanaan Pilkada serentak, yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten PPU Tohar dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas kelancaran seluruh tahapan Pilkada 2024 yang berjalan sesuai dengan jadwal.

Dia menegaskan, kerja sama dari semua pihak, baik pasangan calon, penyelenggara, maupun masyarakat, sangat krusial untuk kesuksesan Pilkada tahun ini.

“Pencabutan nomor urut ini memudahkan pasangan calon dalam mensosialisasikan diri kepada masyarakat, serta memudahkan pemilih untuk mengenal lebih dalam siapa saja calon yang akan maju. Selain itu, ini menjadi tanda bahwa Pemilukada semakin dekat, dan mengingatkan seluruh komponen daerah untuk semakin siap menghadapi hari pemungutan suara pada 27 November mendatang,” papar Tohar.

 

Dia juga menekankan, terwujudnya Kabupaten PPU yang aman, damai, dan tertib adalah harapan bersama, serta tanggung jawab semua pihak secara proporsional. Tohar menutup sambutannya dengan menekankan pentingnya menjaga persatuan selama tahapan Pemilukada ini.

Sementara itu, hasil pengundian nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati PPU pada Pilkada 2024 telah menetapkan Paslon Mudyat Noor dan Abdul Waris Muin mendapatkan nomor urut 1, Andi Harahap dan Dayang Donna Faroek mendapatkan nomor urut 2, Desmon Hariman Sormin dan Naspi Arsyad mendapatkan nomor urut 3, serta pasangan Hamdam dan Ahmad Basir mendapatkan nomor urut 4.

Setelah pengundian nomor urut, setiap pasangan calon diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutannya selama lima menit. Sambutan itu dimanfaatkan para calon untuk memperkenalkan diri serta menyampaikan komitmen mereka dalam memimpin Kabupaten PPU jika terpilih nanti.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai oleh seluruh pasangan calon, partai pengusung, KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah, serta Forkopimda Kabupaten PPU.

Deklarasi tersebut merupakan wujud komitmen seluruh pihak untuk menjalankan kampanye yang damai, jujur, dan bebas dari politik uang. Serta diharapkan dapat menjaga stabilitas daerah dan mendorong terciptanya Pemilukada yang berkualitas dan demokratis.

 

Dengan terlaksananya rapat pleno dan deklarasi ini, diharapkan Pemilukada Kabupaten PPU 2024 dapat berlangsung secara tertib, lancar, dan sesuai dengan harapan masyarakat.

KPU, Bawaslu, serta Pemerintah Daerah akan terus mengawasi jalannya kampanye untuk memastikan Pemilukada berlangsung aman dan kondusif hingga hari pemungutan suara. [](ADV/diskominfoppu)

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com