Buka Pelatihan Kecakapan Hidup, AHK: Pemuda Siap Hadapi Tantangan IKN

SAMARINDA – DINAS Pemuda dan Olahraga (Dispora) PROVINSI Kalimantan Timur (Kaltim) mengajak para pemuda untuk aktif berpartisipasi dalam pelatihan kecakapan hidup. Langkah itu diambil sebagai respons terhadap arus masuknya sumber daya manusia dan investasi ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang akan menciptakan tantangan sekaligus peluang baru bagi generasi muda di Kaltim.

Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma yang akrab disapa AHK menekankan pentingnya pelatihan tersebut sebagai sarana guna meningkatkan keterampilan dan daya saing pemuda.

“Ini kesempatan kalian untuk mandiri. Lulus SLTA atau kuliah nantinya bisa membiayai hidup kalian sendiri. Hadirnya IKN akan persaingan hidup akan lebih ketat,” ujarnya ketika membuka kegiatan Pelatihan Kecakapan Hidup di Samarinda, Aula Pusdiklat Dispora Kaltim, Sempaja, Samarinda, Selasa (24/09/2024) siang.

Pelatihan kecakapan hidup yang dilaksanakan itu mencakup berbagai bidang. Mulai dari tata rias kecantikan, tata busana, kayu atau mebel, dan barbershop, yang dirancang untuk mempersiapkan pemuda dalam menghadapi tantangan di dunia kerja dan kewirausahaan.

Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menciptakan lulusan yang siap bersaing di era yang semakin dinamis.

AHK juga mengingatkan, kehadiran IKN membawa potensi lapangan kerja yang luas, sehingga pemuda perlu mengambil langkah proaktif untuk memanfaatkan peluang tersebut. Melalui pelatihan itu, mereka diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang tidak hanya siap beradaptasi, tetapi juga berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan daerah.

“Saya berharap peserta benar-benar menyimak pelatihan ini. Semua sama, apabila tekun akan berbuah baik. Apapun yang diajarkan oleh narasumber dipahami. Kalian harus bersaing, otak itu sama saja, bedanya hanya diasah atau tidaknya,” tutup AHK. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus PS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com