Target 5 Besar PON Tidak Tercapai, Kadispora Kaltim: Olahraga Itu Dinamis, Tetap Bersyukur

SAMARINDA – KONTINGEN Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) gagal memenuhi target masuk lima besar pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut kali ini dan bertahan pada urutan ke-8. Meskipun demikian, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kaltim Agus Hari Kesuma tetap menyampaikan apresiasi kepada para atlet.

“Olahraga itu dinamis, ada turun naik tergantung kekuatan fisik dan psikisnya. Target 5 besar itu memang visi, tapi sudah di 10 besar Alhamdulillah,” ungkapnya ketika ditemui beritaborneo.com di Gedung Pencak Silat Folder Air Hitam, Rabu (25/09/2024) pagi.

Kadispora Kaltim menambahkan, pencapaian tersebut tetap menunjukkan perkembangan positif bagi olahraga di Kaltim dan berjanji akan terus mendukung peningkatan prestasi atlet di masa depan.

Kata Agus, target 5 besar adalah visi untuk memotivasi para atlet yang bertanding. Adapun target itu juga sama seperti pada PON-PON sebelumnya.

“Pemerintah sudah bersyukur karena masuk 10 besar mengingat bahwa persaingannya ketat, tuan rumahnya aja ada dua,” ungkapnya.

Agus menambahkan bahwa beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hasil ini ialah adanya kemungkinan tekanan dari para atlet pulau Jawa, Bali, dan Yogyakarta yang potensinya semakin meningkat, sehingga cukup membuat para atlet Kaltim memerlukan beberapa penyesuaian dan peningkatan.

“Pencapaian masuk sepuluh besar adalah hasil yang patut diapresiasi,” katanya.

Ia juga menyampaikan akan melakukan evaluasi dalam hal ini kepada para atelt yang mengikuti kegiatan PON XXI tersebut untuk memahami faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil tersebut.

“Kami akan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan merumuskan program yang lebih efektif untuk mendukung prestasi atlet ke depan,” ujarnya. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus PS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com