Kejuaraan Bola Basket Piala Gubernur Kaltim Resmi Dibuka, 900 Atlet Berlaga

SAMARINDA – KEJUARAAN Bola Basket Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) resmi dibuka Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga (PPO) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim mewakili Pj Gubernur Akmal Malik, di Gedung Serbaguna Gelanggan Olahraga (Gelora) Kadrie Oening, Sempaja, Samarinda, Kamis (26/09/2024).

Kejuaraan yang berlangsung dari tanggal 26 September hingga 6 Oktober 2024 itu diikuti 77 tim dengan total 900 atlet, mencerminkan antusiasme masyarakat terhadap olahraga basket di Kaltim.

Adapun tujuan umum dari penyelenggaraan turnamen ini untuk mengenbangkan talenta anak usia pelajar dalam bidang bola basket, mendapatkan atlet junior yang dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan, mendukung tercapainya prestasi olahraga dan sport industry amanat dari UU No 11 Tahun 2022, serta memotivasi atlet serta membentuk karakter mental agar terjadi peningkatan prestasi.

Dalam sambutannya, Rasman Rading menekankan pentingnya pembinaan olahraga prestasi, khususnya bola basket, sebagai upaya untuk menciptakan atlet berpotensi dan menjadikan Kaltim sebagai salah satu provinsi unggulan dalam olahraga.

“Kegiatan ini diadakan guna meningkatkan minat masyarakat dan minat penggiat basket Kaltim sekaligus mencetak generasi muda yang sehat fisik, sportif, dan semangat. Ini sebagai momentum bangkitnya prestasi bola basket Kaltim,” jelasnya membacakan sambutan Pj Gubernur Kaltim.

Open Turnamen tersebut diharapkan dapat memfasilitasi bakat-bakat muda dan menciptakan atmosfer kompetitif yang sehat. Para atlet akan berlaga dalam berbagai kategori, mulai dari pelajar SMP Putra dan Putri, SMA Putra dan Putri, serta umum dengan tujuan untuk menjaring calon atlet berbakat yang bisa mewakili Kaltim di level nasional maupun internasional.

 

Kejuaraan Bola Basket Piala Gubernur Kaltim diharapkan tidak hanya menghasilkan juara, tetapi juga memperkuat komunitas olahraga dan membangun kebersamaan antar tim. Dengan harapan tersebut, acara yang berlangsung selama sebelas hari ke depan diprediksi akan menjadi salah satu momen penting dalam kalender olahraga di Kaltim.

“Kami berharap agar kejuaraan ini menjadi wadah yang positif untuk atlet mengasah kemampuan dan mengukur prestasi satu sama lain serta seluruh peserta menjunjung tinggi sportivitas dan semangat,” tutupnya. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com