Persiapkan Atlet Pra Popnas, Dispora Kaltim Gelar Kejuaraan Piala Gubernur

SAMARINDA – DINAS Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan serangkaian kejuaraan bertajuk Piala Gubernur untuk mempersiapkan atlet menuju Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Wilayah IV 16-23 November di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kejuaraan itu nantinya akan melibatkan delapan cabang olahraga, yaitu basket, voli, tenis lapangan, tenis meja, sepak bola, sepak takraw, pencak silat, dan tinju. Sejauh ini yang terselenggara baru Kejuaraan Pencak Silat dan Bola Basket.

Kejuaraan delapan jenis cabang olahraga tersebut diikuti oleh ratusan atlet pelajar dari berbagai daerah di Kaltim, yang berkompetisi untuk meraih prestasi dan menunjukkan kemampuan mereka.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga (PPO) Dispora Kaltim Rasman Rading menyatakan, kejuaraan-kejuaraan tersebut merupakan kesempatan penting bagi atlet untuk mengasah keterampilan dan menjaring para pemenang yang akan mewakili Kaltim sebelum ke Pra Popnas nantinya.

“Kita apresiasi kegiatan seperti ini karena ini implementasi dari UU Nomor 11 Tahun 2022. Olahrga ini kan disamping menjadi olahraga prestasi, tapi ini menjadi bagian dari sport industry,” ujar Rasman, Kamis (26/09/2024).

Kata Rasman, adanya Piala Gubernur, Dispora Kaltim berharap atlet dapat berlatih lebih keras dan menjadikan kejuaraan ini sebagai ajang evaluasi dan memastikan Kaltim siap bersaing di Pra Popnas.

Lebih lanjut, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat dan partisipasi pelajar dalam olahraga, serta membangun semangat persaingan yang sehat, tambah Rasman.

Selain itu, melalui berbagai jenis kejuraan olahraga piala gubernur Kaltim ini, Dispora Kaltim berkomitmen untuk mendukung pengembangan olahraga di tingkat sekolah, demi mencetak atlet yang berprestasi di masa depan.

“Kejuaraan ini diharapkan menjadi batu loncatan bagi atlet Kaltim untuk mempersiapkan potensi atlet berprestasi di even Pra Popnas Kendari. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com