TK Negeri Pembina Bakal Dapat Bantuan Pembangunan Gedung dari Disdikbud Kukar

TENGGARONG – TAMAN Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina di Jalan Lais Kelurahan Timbau Kecamatan Tenggarong, yang telah berdiri sejak tahun 1994, tengah bersiap untuk meningkatkan fasilitas pendidikan.

Meskipun kondisi sarana dan prasarana masih terbilang cukup baik, usia bangunan yang sudah cukup lama membuat kebutuhan akan perbaikan dan penambahan fasilitas menjadi semakin mendesak.

“Hingga saat ini, perbaikan yang dilakukan masih terbatas pada perbaikan kecil dan belum ada renovasi besar-besaran,” ucap Wakil Kepala Sekolah TK Negeri Pembina Irhan Husyaini di Tenggarong, Senin (30/09/2024).

Ia menuturkan, TK Negeri Pembina menghadapi masalah keterbatasan ruang kelas. Dengan jumlah murid yang mencapai sekitar 130 orang, ruang kelas yang ada tidak mencukupi. Pembagian ruang kelas yang sempit juga mengurangi ruang gerak siswa dan berdampak pada efektivitas proses belajar mengajar.

“Saat ini TK Negeri Pembinan memiliki enam kelas. kelas A (usia 5-4) satu kelas. kelas B ada lima kelas, jadi setiap kelas itu dibagi lagi satu kelas itu dua kelompok belajar, jadi kelas B keseluruhannya itu ada 10 kelompok belajar,” jelasnya.

“Kalau satu kelas dua kelompok belajar, akan mengurangi pergerakan pembelajaran di kelas,” timpalnya.

Ia mengungkap bahwa ke depan akan mendapatkan bantuan pembangunan gedung dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pembangunan gedung yang akan meliputi ruang kelas tambahan, perpustakaan, dan ruang UKS (Unit Kesehatan Sekolah). Lokasi pembangunan akan berada di halaman depan sekolah, dekat dengan area parkir.

“Rencana penambahan fasilitas segera dilakukan di bulan Oktober,” katanya.

Penambahan ruang kelas diharapkan akan memberikan ruang yang lebih ideal dan nyaman bagi anak-anak untuk belajar. Dengan adanya penambahan tersebut, TK Negeri Pembina berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada para murid didiknya.

Pihak sekolah menyambut baik rencana ini dan berharap pembangunan dapat berjalan sesuai jadwal sehingga dapat segera digunakan oleh para siswa. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com