Debat Paslon November Mendatang: Bukan Sekedar Adu Gagasan, Fokus Edukasi Partisipasi Pemilih

TENGGARONG – KOMISI Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengumumkan Debat kandidat Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati akan dilaksanakan sebanyak dua kali pada November mendatang.

Komisioner KPU Kukar Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia, dan Partisipasi Masyarakat Muchammad Amin menegaskan, fokus utama bukan hanya adu gagasan, tetapi juga bagaimana debat tersebut bisa menjadi media edukasi politik bagi pemilih sehingga meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Kukar.

“Kami berharap masyarakat bisa melihat program-program dari tiap pasangan calon, sehingga mereka bisa memilih dengan lebih cerdas dan berdasarkan informasi yang lengkap,” ucapnya kepada beritaborneo.com di Kantor KPU Kukar Tenggarong, Senin (21/10/2024).

Amin mengungkapkan, pelaksanaan debat pertama akan berlangsung pada 11 November 2024, difasilitasi oleh TVRI Kalimantan Timur (Kaltim) di Samarinda. Sementara debat kedua pada 19 November akan ditayangkan oleh Kompas TV dari Jakarta.

Kedua debat itu akan diikuti oleh ketiga paslon, yaitu Edi Damansyah-Rendi Solihin (nomor urut 1), Awang Yacoub Luthman-Akhmad Jaiz (nomor urut 2), dan Dendi Suryadi-Alif Turiadi (nomor urut 3).

Lebih lanjut, KPU Kukar juga akan melibatkan akademisi dan praktisi dalam penyusunan tema debat, guna memastikan topik yang diangkat relevan dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi Kukar.

“Kami ingin debat ini menjadi lebih dari sekadar formalitas. Ini adalah kesempatan untuk memperkuat demokrasi lokal dan mendorong pemilih untuk lebih terlibat dalam proses politik,” lanjut Amin.

Dengan persiapan yang matang dan koordinasi dengan Event Organizer (EO) debat, KPU Kukar optimistis acara ini akan berjalan sukses dan memberi dampak positif terhadap peningkatan partisipasi politik di Kukar.

Amin juga berharap, dengan semakin besarnya akses masyarakat terhadap informasi calon, partisipasi pemilih di Pilkada Kukar akan meningkat, sehingga pemimpin yang terpilih benar-benar merepresentasikan keinginan rakyat.[]

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com