Thursday , August 24 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Ditujukan untuk Kesejahteraan

Ditujukan untuk Kesejahteraan

 

Ditujukan untuk Kesejahteraan

KUTAI BARAT – Sebanyak 51 petinggi dari 14 kecamatan dilantik Bupati Kubar Ismail Thomas di Balai Agung Auditorium Aji Tulur Jejangkat, Rabu (22/4). Dari jumlah petinggi tersebut, terdapat tiga orang perempuan. Hadir pada kesempatan itu, sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para camat, dan anggota DPRD Kubar.

Bupati Ismail Thomas mengharapkan petinggi yang baru dilantik itu dapat melaksanakan pembangunanan berbasis kampung. Selanjutnya, seluruh lapisan masyarakat dilibatkan dalam menentukan arah dan sasaran pembangunan, sehingga pelaksanaan pembangunan tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

“Hal ini dimaksudkan sejalan dengan visi Kubar, yakni membangun Kutai Barat yang semakin cerdas, sehat, produktif, dan sejahtera berbasiskan ekonomi kerakyatan,” katanya.

Bupati juga menyinggung tentang pengelolaan sumber dana yang nantinya dikelola kampung. Ada dua sumber dana, yakni pengelolaan penggunaan alokasi dana desa (ADD) yang bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) dan Alokasi Dana Kampung (ADK) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kubar.

“Pengelolaan dana tersebut mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat. Makanya, pelajari petunjuk teknis pengelolaan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung khususnya pemanfaatan pengelolaan sumber dana bagi kampung, sehingga sejalan dengan visi Kubar,” Katanya.
Pengelolaan ADD dan ADK ini sebelumnya menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur. Mulai 2015 ini akan berorientasi pada usaha bersama kampung. Usaha yang dijalankan harus melalui berdasarkan musyawarah mufakat bersama. Selanjutnya dikelola secara efisien dan efektif untuk mewujudkan kampung yang produktif.

“Saya juga mengharapkan para petinggi bekerja sama dengan seluruh lembaga yang menjadi mitra kerja dalam sistem pemerintahan kampung seperti BPK, lembaga adat, PKK kecamatan dan kampung, maupun dengan Karang Taruna. Jadi, harus menjalin kerja sama dengan lembaga penyerta,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (BPMPK) Kubar FX Kaswi menyebutkan, dalam waktu dekat para Petinggi se-Kutai Barat akan diberikan pembekalan.

“Petinggi yang dilantik ini diharapkan mampu memimpin kampung dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin, untuk membawa kampung ke arah yang lebih baik,” harapnya. [] KP

732 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa