Kalteng Butuhkan Mesin Penyedot Asap

KJDKDSAFY

PALANGKA RAYA – Satuan Tugas Tim Penanggulanan Kebakaran lahan dan hutan Provinsi Kalimantan Tengah meminta “Ground Mist Generator” atau mesin penyedot asap guna mengatasi kondisi kabut asap pekat yang menyelimuti Palangka Raya dalam beberapa pekan belakangan.

Informasinya mesin tersebut milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan sudah pernah dipergunakan di Sumatera Selatan, kata Komandan Satgas Tim Penanggulangan Kalahut Kalteng Kolonel Arh Purwo Sudaryanto di Palangka Raya, Jumat (11/9).

“Kami sedang membuat dan akan segera mengirimkan surat kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar meminjamkan mesin penyedot asap tersebut kepada BPPT,” ucapnya.

Purwo yang juga Danrem 102 Panju Panjung itu menyebut mesin penyedot asap tersebut nantinya akan ditempatkan di sekitar Bandara Tjilik Riwut, agar penerbangan dari dan menuju Palangka Raya tidak terganggu.

Dia mengatakan jadwal penerbangan di Bandara Tjilik Riwut sekarang ini terganggu karena kabut asap yang semakin pekat dan berdampak pada pendeknya jarak pandang, yakni 500 meter.

“Kalau memungkinkan, alat penyedot asap itu tidak hanya di Bandara, tapi juga lokasi lainnya. Tapi, kita sementara ini memprioritaskan di Bandara Tjilik Riwut agar tetap beroperasi,” tambahnya.

Selain meminta mesin tersebut, Komandan Satgas Tim Penanggulangan Kalahut Kalteng itu mengusulkan helicopter water bombing Mi8 yang telah diberikan BNPB ke provinsi ini dalam menanggulangi kebakaran lahan dan hutan agar diganti dengan jenis lain.

Dia mengatakan untuk memadamkan lahan maupun hutan yang terbakar sulit dijangkau tim darat, tiga helicopter diberikan BNPB untuk memmbantu. Hanya, satu Helicopter jenis Mi1 tidak bisa beroperasi karena jarak pandang kurang dari 1000 meter.

Daripada helikopter tersebut hanya parkir di Bandara, lebih baik diganti dengan jenis lain. Ini juga akan kami usulkan kepada BNPB. Intinya, Kami akan melakukan apa saja agar kabut asap bisa ditanggulangi, demikian Purwo. [] ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com