Perkuat Ekonomi Masyarakat, LP2M Unhas Latih Bikin Mie dan Cendol

Aryana

MAKASSAR – Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, terutama di wilayah pesisir pantai, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin  (Unhas) menggelar sejumlah kegiatan pelatihan masyarakat.

Salah satu di antaranya adalah melatih masyarakat di Kabupaten Pinrang dengan pelatihan usaha pembuatan mie dan cendol rumput laut. Hal tersebut disampaikan Arianadari Unit Pengembangan Kewirausahaan  dan Bisnis LP2M Unhas, seperti dilaporkan Yahya Mustafa, Selasa (8/12/2019).

Dijelaskannya,  kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat serta dukungan dari pemerintah daerah lewat Dinas Perikanan Kabupaten Pinrang.

“Bahan baku dari usaha ini cukup banyak di tengah  masyarakat, karena sepanjang pesisir pantai di daerah itu ada petani rumput laut,” kata dosen ilmu politik Fisip Unhas ini.

Selain pembuatan mie dan cendol rumput laut juga dilakukan  pembinaan pembuatan dan pengemasan kue.

Usaha pembuatan nugget ikan serta sosialisasi pembentukan bank sampah yang dihadiri sekitar 40 orang setiap kegiatan.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk program kemitraan wilayah ini dilaksanakan sekitar bulan Juni sampai November 2018.

Program ini adalah salah satu dari tuntutan Tridarma Perguruan Tinggi melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Bermaksud membagi ilmu pengetahuan dan ketrampilan dengan membantu memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat.

“Serta terlibat membina kelompok industri keluarga di pedesaan,” tutur pengurus Ikatan Alumni Ilmu Politik Unhas ini. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com