Tahun ini, 1057 Unit RLH Dibangun

 

SAMARINDA – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR PERA) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Aji Muhammad Fitra Firnanda mengatakan, pada Tahun 2022 ini, pihaknya membangun 1057 unit Rumah Layak Huni (RLH) yang saat ini progresnya masih berlangsung.

Hal itu disampaikan Fitra Firnanda, sapaan Kepala DPUPR PERA kepada wartawan di ruang kerjanya, lantai 2 Gedung PUPR PERA, Kamis (01/12/2022). Dikatakan Fitra Firnanda, sumber pendanaan pembangunan RLH dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltim Tahun Anggaran 2022.

“Pemerintah Provinsi Kaltim menargetkan hingga tahun 2023 harus rampung sebanyak 5000 unit RLH, pada tahun 2021 lalu sudah dirampungkan sebanyak 1900 unit, kemudian tambahan saat ini sedang dikerjakan di tahun 2022 sebanyak 1.057 unit, sehingga total sampai saat ini berjumlah 2.957 unit RLH,” ujarnya saat ditemui usai memimpin rapat bersama Kepala Bidang (Kabid) di ruang kerjanya lantai 2 gedung PUPR PERA Jalan Tengkawang, Sungai Kunjang, Samarinda.

Dikatakan Fitra Firnanda, sampai saat ini pembangunan RLH sudah mencapai lebih 50 persen dari target yang ditentukan sampai tahun 2023, yakni sebanyak 5.000 unit. “Artinya ini cukup membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kaltim yang masuk dalam katagori berpenghasilan rendah, papar Fitra Firnanda.

Untuk membangun RLH per satu rumah anggaran renovasinya sekitar Rp25 juta dan hingga saat ini program tersebut masih berlangsung untuk rehabilitasi rumah. “Pembangunan RLH tersebar di Kabupaten dan Kota di Kaltim, dilihat dari jumlah penduduk yang paling banyak, biasanya juga akan lebih banyak sebarannya, jumlahnya macam-macam, ada 100 unit rumah hingga 150 unit rumah per Kabupaten /Kota,” tuturnya. []

Penulis: Guntur Riyadi  | Penyunting: Hadi Purnomo

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa