RDP Bahas Soal Pengelolaan dan Anggaran Pendidikan Kaltim

 

 

SAMARINDA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim dan Koordinator Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman.

Hasanuddin Mas’ud

RDP kali ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud serta didampingi Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji. RDP berlangsung di Gedung E Lantai 1 Kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Samarinda, Selasa (24/01/2023) dan membahas tentang Arah Kebijakan Pengelolaan Pendidikan dan Anggaran Kaltim,.

Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud menyambut baik tujuan RDP ini. Ia menyampaikan bahwa pihaknya melakukan pertemuan ini guna memperdalam persoalan pengelolaan pendidikan di Kaltim serta pengelolaan anggaran pendidikan di Kaltim.

“Dari program magister dan doktor ingin memperdalam bagaimana pengelolaan pendidikan dan pengelolaan anggaran, saya kira itu poinnya,” ujarnya kepada awak media saat ditemui usai memimpin RDP.

Selain itu, politisi Partai Golkar ini juga menyebutkan bahwa RDP tersebut memberikan ruang kepada para calon magister serta doktor dari Universitas Mulawarman ini dapat melakukan penelitian terkait pembahasan dalam RDP.

“Bagus ya masukan buat kita, bahkan kita menyarankan kalau bisa mereka bisa ada yang melakukan disertasi soal bagaimana pengelolaan anggaran dan pengelolaan pendidikan Provinsi Kaltim, dan mungkin sudah kita sampaikan kepada koordinator,” kata wakil rakyat yang akrab disapa Hamas.

Dalam kesempatan ini Disdikbud Kaltim diwakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kaltim Yekti Utami menyampaikan bahwa pertemuan ini membahas peningkatan kualitas pendidikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nantinya.

“Program prioritas pendidikan dalam hal ini di IKN, sangat di-support untuk lebih maju. Ini kita juga bertemu bersama mahasiswa S3, mereka ini kan penggerak dalam dunia pendidikan kita,” kata Yekti Utami kepada wartawan usai mengikuti RDP. “Ini mengingatkan kita dalam menghadapi tantangan dalam pembangunan IKN Nusantara,” sambungnya.

Ia berharap bahwa pertemuan tersebut akan membuahkan hasil yang baik untuk mendorong kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kaltim maupun IKN Nusantara. “Semoga dari pertemuan ini bisa menunjukkan hasil yang baik dalam proses pembangunan pendidikan kita, karena pendidikan ini bukan langsung hasil tapi proses membentuk manusia kita,” harapnya. []

Penulis: Enggal Triya Amukti | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com