Salah satu potret buruk sekolah menengah atas yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kondisi ini dipotret tahun 2021 lalu di SMAN 1 Penajam Paser Utara.

Berharap Kepentingan Pendidikan Selalu Diutamakan

PARLEMENTARIA KALTIM – Visi dan misi Kaltim Berdaulat salah satunya berfokus untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlak mulai dan berdaya saing. Untuk mencapainya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) perlu aksi-aksi lebih dalam melewati rintangan-rintangan untuk mewujudkan impian tersebut.

Puji Setyowati

Puji Setyowati Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, sekaligus Ketua Fraksi Partai Demokrat – Partai Nasional Demokrat (Demokrat-Nasdem) berharap agar pembangunan SDM menjadi kepentingan yang diutamakan Pemprov Kaltim selaras dengan visi misi Kaltim Berdaulat.

Hal tersebut diutarakan Puji, sapaan istri mantan Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang ini, saat diwawancara pewarta usai mengikuti rapat paripurna ke-5 DPRD Kaltim, Selasa (31/01/2023). Ia mengusulkan salah satu bentuk mengutamakan kepentingan pendidikan adalah dengan menambah anggaran untuk kegiatan pendidikan ketimbang menganggarkan kegiatan yang sulit terlaksana dan justru menyumbang Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA).

“Dari pada kita menambah SILPA, lebih baik Pemprov mempergunakan anggaran tersebut untuk penyiapan Sumber Daya Manusia, melalui pendidikan yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur,” ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Kota Samarinda ini.

Ia juga berharap agar Pemprov Kaltim berupaya segera melakukan peningkatan kualitas pendidikan dengan membenahi berbagai sarana prasarana sekolah di Kaltim yang tidak atau kurang layak. “Peningkatan kualitas pendidikan haruslah segera dibenahi dan terus ditingkatkan, apakah itu perguruan tinggi swasta atau SMA (Sekolah Menengah Atas, red) swasta,” ujar Puji. []

Penyunting: Fajar Hidayat | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com