Dispora Kaltim laksanakan sosialisasi SIDA yang dikembangkan Diskominfo Kaltim, di Aula Dispora Kaltim, Selasa, (7/2/2023).

Agus Tiannur : Dispora Harus Jadi Pioner Transformasi Digital

SAMARINDA – PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dalam berbagai kesempatan menyampaikan komitmen untuk mewujudkan pelayanan publik yang optimal melalui transformasi digital. Seluruh sektor birokrasi ditegaskan presiden, harus mendapat dukungan penuh dari publik. Karenanya, pemerintah bertekad menciptakan transformasi pelayanan publik yang lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah diakses.

“Ajakan Bapak Presiden ini (melakukan transformasi digital pada sektor birokrasi,red) perlu kita dukung dan sangat bagus,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Agus Tianur ketika membuka sosialisasi Sistem Informasi Digital Administrasi (SIDA) yang dikembangkan Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Provinsi Kaltim, di Aula Dispora Kaltim, Selasa, (7/2/2023).

Sebab lanjut Kadispora, dengan berkembangnya kemajuan dalam ranah kehidupan ke arah yang serba digital, maka transparansi menjadi sangat penting dan baik untuk pembangunan. “Kunci lainnya adalah proses pengarsipan data akan terakomodir dengan sangat baik,” tambahnya..

Sosialisasi tersebut diikuti puluhan pegawai Dispora Kaltim, termasuk UPTD pengelola Prasarana Olahraga (PPO) dengan narasumber Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo Kaltim, Fery. Di mana Agus Tiannur berharap seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Dispora Kaltim dapat mengoperasikan SIDA.

“Dispora harus menjadi pioner dalam transformasi digital termasuk dalam hal informasi keadministrasian. Tidak ada alasan tidak punya perangkat atau media. Ini menghambat, kalau tak mampu menyesuaikan diri maka akan terlibas” tegasnya.

Dirinya mengingatkan bahwa saat ini berbagai aplikasi berbasis teknologi telah muncul seperti kecerdasan buatan (AI), cloud computing dan Internet of Things (IoT). Hal tersebut tentu mempercepat proses transformasi. Sementara itu, teknologi dasar seperti manajemen data dan analitik diperlukan untuk menganalisis sejumlah besar data yang dihasilkan dari transformasi digital.

“Kami menyambut baik aplikasi SIDA ini, semoga dapat berjalan dengan baik dan membantu Dispora Kaltim dalam melakukan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” pungkasnya. []

Penulis: Yulia Fatmawati Fauziah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com