Komisi II DPRD Samarinda Harap Pencapaian Target PAD Tahun 2023 Meningkat

PARLEMENTARIA KOTA SAMARINDA – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan hearing dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Samarinda. Pertemuan ini membahas masalah evaluasi pendapatan tahun 2022 dan perencanaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2023. Acara Rapat Dengar Pendapat (RDP) digelar di ruang rapat gabungan DPRD Kota Samarinda Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Provinsi Kaltim.

Fuad Fakhruddin

Ditemui awak media di akhir hearing, Selasa (14/02/2023), Ketua Komisi II DPRD Kota Samarinda Fuad Fakhruddin berharap apresiasi yang sudah didapat atas capaian tahun 2022 jangan sampai menurunkan semangat mengejar target di tahun 2023 ini.

“Berharap bahwa apresiasi yang sudah kita buat sekarang ini jangan sampai menurunkan semangat, untuk terus meningkatkan PAD karena target mereka di 2024 mencapai satu triliun,” harap legislator dapil Sungai Kunjang ini.

Menurut politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini, “kita sudah mendengar dan beberapa masukan sudah kita sampaikan, melihat secara menyeluruh target yang mereka sudah capai di periode 2022 sudah cukup luar biasa melebihi yang kita inginkan. Tadi sempat kita pertanyakan kenapa di tahun 2023 target malah turun dari Rp. 700 miliar cuma ditarget Rp. 600 miliar ternyata informasinya itu hanya target. Dilihat dari trennya sumber pemasukan itu ada kenaikan seperti retribusi hotel.”

“Kita menginginkan target bukan hanya disektor itu saja, yang selama ini menjadi target utama kita itu parkir direspon oleh beliau (Kepala Bapeda, red) bahwa pemerintah saat ini berupaya keras supaya target parkir betul-betul terealisasi, karena kalau melihat dari kepemilikan roda dua atau roda empat di Kota Samarinda cukup besar,” kata pria kelahiran Loa Bakung, 12 Juli 1980 ini.

Ia menerangkan, kalau pemerintah kota meningkatkan fasilitas parkir maka target retribusi parkir harus bisa tercapai. “Jadi kalau untuk memaksimalkan target itu tidak mustahil kalau itu disertai dengan fasilitas yang disiapkan.” Pungkasnya. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com